Minggu, September 05, 2010

Cara Menghindari Copet

Arus mudik di berbagai kota akan segera mencapai puncaknya dalam kurun waktu 5 hari terakhir ini. Kepadatan calon pemudik pun pasti akan segera mewarnai sejumlah stasiun, pelabuhan, terminal bus maupun bandara. Dan tentu saja ini akan dirasa menguntungkan bagi para pelaku kejahatan. Copet adalah salah satunya.
Buat para pemudik yg sudah berpengalaman, mungkin mereka sudah mempersiapkan segala sesuatunya untuk mengantisipasi kejahatan semacam ini. Tapi bagi pemudik yg baru, pastilah itu semua tidak pernah diperhitungkan sama sekali.

Nah.. untuk membantu mereka-mereka yg belum tahu, berikut ini saya tuliskan beberapa tips untuk menghindari aksi kejahatan semacam itu.

Tips cara mengindari copet :

1. Jaga selalu barang-barang berharga kalian, karena kejahatan itu selalu ada dimanapun tempat.
2. Jangan memakai perhiasan yg berlebihan, karena hal itu otomatis akan mengundang penjahat datang.
3. Jika sedang berjalan, jangan penuhi kedua tangan kalian dengan barang bawaan.
Disini copet akan beraksi dengan menggunakan trik 2 - 1, artinya dua orang akan berada di samping, dan satu orang lagi ada di depan dengan berpura-pura menjatuhkan sesuatu (sapu tangan atau benda lainnya), yg otomatis akan menghentikan langkah kaki kalian. Begitu perhatian kalian tertuju pada orang yg ada di depan itu, secepat itu pula dua orang yg disamping merogoh kantong tanpa kalian sadari. Jika itu terlanjur terjadi jangan ragu-ragu untuk berteriak minta tolong.
4. Jangan menaruh dompet di saku celana belakang atau disaku kemeja depan. Taruh dompet di saku celana depan. Kalau membawa tas kecil, jangan membiarkan tas tergantung di belakang lengan. Bekap selalu tas kalian di depan dada. Itu untuk menghindari aksi penyiletan (merobek tas dengan pisau silet)
5. Jangan membuka dompet atau memperlihatkan uang banyak di depan umum. Sebaiknya persiapkan uang ongkos di luar dompet.
6. Untuk yg membawa hp, jangan menaruh hp di saku kemeja depan, apalagi kemudian ditinggal tidur. Karena tangan-tangan copet itu sudah sangat terampil dalam mengambil uang atau hp tanpa disadari oleh yg punya.
7. Hati-hati dan waspada terhadap orang tidak dikenal yg tiba-tiba sok akrab dan mengajak bercanda ngalor ngidul, karena para copet itu selalu menggunakan segala cara untuk memperdayai mangsanya.
Jangan hiraukan bila tiba-tiba ada orang yg mendekati kalian dengan penampilan parlente dan menanyakan suatu alamat, biasanya penjahat type ini bermodalkan bahasa Inggris/Melayu, uang dollar/ringgit, plus jam tangan mewah, paling banyak merek Rolex (palsu tentunya)
Triknya : Orang berpenampilan parlente ini akan menanyakan alamat yg dia bawa dengan bahasa Inggris/Melayu. Orang ini akan bilang dia kehabisan ongkos dan mau menukarkan dollar/ringgit yg dia bawa, atau mau menjual jam mewahnya. Saat kalian mulai berminat (ini artinya kalian masuk dalam perangkapnya) akan datang lagi seseorang yg pura-pura ikut menawar barang yg akan dijual. Dan disinilah mereka mulai mempengaruhi kalian sampai mampu menguras dompet atau menggiring kalian ke ATM.
8. Pada saat berjalan, jika di hadapan kalian ada dua orang atau lebih seperti orang mau berkelahi atau seperti bersenda gurau, segera belokkan langkah dan jaga jarak.
Triknya begini : kelihatannya menang seperti dua orang yg mau berkelahi, yg satu lari yg lainnya mengejar. Mereka berlarinya kearah kita dan kita pasti di tabraknya, belum sempat memikirkan apa yg terjadi, secepat itu pula dompet kalian sudah berpindah tangan. Lenyap.
9. Ini biasanya Ibu-ibu yg melakukannya. Jangan memegang dompet dalam genggaman tangan sambil membawanya berjalan di keramaian. Ini bisa memicu aksi nomer 8 tadi.
10. Bila tiba-tiba ada yg menepuk bahu kalian dari belakang, jangan buru-buru menoleh, ini adalah kejahatan hipnotis atau gendam dan efeknya sangat dahsyat. Kalian bisa hilang kesadaran untuk beberapa saat tergantung keinginan si penjahat. Abaikan saja tepukannya, biarkan dia menepuk bahu kalian beberapa kali. Dengan begitu si penjahat akan hilang kepercayaan diri dan ini secara ndak langsung juga mengurangi keampuhan ilmu gendam yg ia gunakan. Untuk lebih specifiknya tentang kejahatan jenis ini silakan lihat di Kejahatan Hipnotis Dan Cara-cara Menghindarinya.
11. Terakhir ini. Jangan menaruh uang di (maaf, ini biasanya Ibu-ibu juga yg melakukan) Jangan menyelipkan uang di 'pakaian dalam' (kutang). Mengapa?
Karena selain uang itu tidak steril, banyak mengandung kuman dan habis dipegangi tangan banyak orang, hal seperti itu juga sangat berbahaya kalau ada copet yg nekad.
Maksudnya?? Ya coba saja dibayangkan sendiri, lha kalau copet itu nekad ngambil gimana hayo..? hehehe... yg ini guyon Sob... biar ndak tegang.

Yo wislah.. demikian tadi sekedar tips dari saya tentang cara menghindari copet. Semoga saja dapat diambil manfaatnya.


NB : Masih tetap mendukung Gerakan Pembersihan Keyword Tidak Senonoh anak SMP dari pelataran rumah Mbah Google.Share/Save/Bookmark Subscribe



Related Posts :



23 komentar:

narti on 5 September 2010 07.53 mengatakan...

no. 10, gendam apakah bisa dikurangi bila kita tidak menatap matanya langsung?
baru tahu malah kalau bisa diabaikan...

sda on 5 September 2010 07.54 mengatakan...

walau gak mudik, tapi makasih sekali tipsnya.
sudah berpengalaman mudik nih kayaknya...hehe...

Nyun-nyuN on 5 September 2010 11.37 mengatakan...

hahahha.. aku melotot sampai bawah, bacanya Nglethu.. ternyata kayak gitu, keren Om tpsnya, aku suka, dan akan selalu berhati2 dengan menerapkan tips dari Om :), ini sangat bermanfaat, apalagi buat aku yang suka naik bis sendirian, :->

anak smp on 5 September 2010 11.44 mengatakan...

kaget saya, baru tau kalo keyword anak smp di google kotor begitu. jadi pengin cepet-cepet bikin blog indonesia. sorry off topic
makasih mas moga jadi amal

Medianers on 5 September 2010 11.58 mengatakan...

Wha haaa haa, tips no.11 ini patut diperhitungkan. Kalau tampang diseram-seramin bikin takut pencopet untuk menghampiri kita nggak kang?

Sang Cerpenis bercerita on 5 September 2010 14.47 mengatakan...

hehehe..kalo taruh di kutang lagian bisa jatuh tuh kalo pas lari2.

Zippy on 5 September 2010 16.37 mengatakan...

Yang paling ampuh itu jangan menggunakan barang2 mewah.
Kalau pake, lengkaplah sudah.
Jadi incaran para perampok dah...

anak smp download mp3 takbiran on 5 September 2010 16.39 mengatakan...

tipsnya menarik sekali kakak

marsudiyanto on 5 September 2010 18.30 mengatakan...

Copet juga perlu menghindari copet lainnya ya Mas...

enam-empat blog on 5 September 2010 21.58 mengatakan...

hanya mw comment tentang link web ini ko ikutikutan?artinya?unik bnget ....
Owhh...

Abi Sabila on 6 September 2010 13.03 mengatakan...

kejahatan terjadi bukan saja karena ada niat sang pelakunya, tapi juga karena ada kesempatan yang terkadang secara tidak sadar kita ciptakan. Waspadalah...waspadalah!
Sedikit menambahkan, berusahalan untuk berwudhu sebelum bepergian, tetap menjaga wudhu atau jika tidak memungkinkan, usahakan untuk terus berzikir dalam hati.
Selagi masih diberi kesempatan, izinkan saya dan juga keluarga mengucapkan selamat Idul Fitri 1431 H, mohon maaf lahir dan batin atas segala kekurangan, kekeliruan, kekhilafan postingan, tanggapan dan ataupun komentar. Taqobalallohu mina waminkum, syiamana wa syiamakum. Insya Allah, amin

FaiS on 6 September 2010 22.35 mengatakan...

tips yang bermanfaat ni sobat...
sowry baru bisa mampir karena aku ni sakit N pa lagi dah dekat Idul Fitri jd rumah di cat..

berpikir positif on 6 September 2010 22.40 mengatakan...

artikel ini kayaknya perlu dibaca semua orang sebelum mudik . pasti deh ditempat ramai banyak copet, semoga bia terhindar setelah tahu cara menangkalnya

andry sianipar on 7 September 2010 16.21 mengatakan...

Semoga banyak yang mengambil manfaat dari artikel ini...
selamat mudik buat teman teman semua...
selamathari raya...
semoga menjadi titik awal yang membaikkan kualitas kehidupan kita selanjutnya...

Puspita on 8 September 2010 08.57 mengatakan...

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1431 H, mohon maaf lahir dan batin.

gayuh on 8 September 2010 22.59 mengatakan...

tips yang mau mudik nich.. aku naek motor jadi santai bung...

Yohan Wibisono on 27 September 2010 13.37 mengatakan...

Nice Article, inspiring. Aku juga suka nulis artikel bidang Bisnis dan Kesehatan di blogku : http:// http://www.ptmsi.net, silahkan kunjungi, mudah-mudahan bermanfaat. thx

Distro Dizhwar on 3 November 2010 11.19 mengatakan...

Pengalaman yg pasti berulang setiap tahunnya.Waspadalah..

Rumah Mungil Yang Sehat on 19 Desember 2010 22.52 mengatakan...

di zaman seperti saat ini kita memang harus slalu waspada di keramaian tmsk waspada pada copet

yudpray on 25 Desember 2010 13.02 mengatakan...

hahaha, yg terakhira ngakak kang.

kasian bayinya klo gitu, jadi gak steril "dot"nya.

peace V

kumpulan software gratis on 18 Januari 2011 21.38 mengatakan...

hahahaaa.....tips yang bagus tuh bang...soalnya saya pernah kecopetan dompet dan hp nie di dlem mobil ....
makasih mas tips tips nya...

Anonim mengatakan...

.bgaimna tipsnya klau saat itu sedang di ppet copet?

obat herbal sakit maag on 5 Oktober 2011 09.24 mengatakan...

ane suka poin yang 10 sob...wkwkwkwkwk
thnaks

Posting Komentar

[ Full Page Comment Form ]

Maaf... karena banyak SPAMMER, terpaksa saya mengaktifkan MODERASI.
Ini adalah DOFOLLOW BLOG, setiap komen yg kamu tinggalkan, akan menjadi BACKLINK buat URL yg kamu sertakan, so... tinggalkan komen yg sesuai dengan TEMA, jangan NYEPAM..!!
Gunakan Name/URL biar lebih efektif. Jangan lupa pake http:// biar ndak BROKEN LINK.
Komentar APAPUN asal sopan dan punya aturan, PASTI saya terbitkan, KECUALI yg menyertakan LINK, akan langsung saya DELETE..!!

Back to TOP

 

Be A Great Person Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template