Rabu, September 22, 2010

Cara Menyusun Rubik

cara menyusun rubik
Gb.1
Oke ndak usah pake basa-basi lagi, postingan saya kali ini akan membahas tentang Cara Menyusun Rubik 3x3 dengan mudah, cepat dan sempurna. Saya akan menguraikan tahap demi tahap tentang cara menyusun Rubik ini dengan bahasa yg tentu saja gampang untuk dimengerti.

Nah... sebelum kita mulai, sebaiknya kalian pahami dulu istilah-istilah yg akan saya gunakan untuk menjelaskan Cara Menyusun Rubik ini nantinya.
  1. Bagian-bagian Rubik :
    • Center Pieces : sisi Rubik yg hanya memiliki 1 warna saja, letaknya di bagian tengah dan biasanya dijadikan poros untuk memutar sisi Rubik. Jumlahnya ada 6.
    • Edge Pieces : sisi Rubik yg memiliki 2 warna, letaknya di bagian tepi, digunakan untuk membatasi sisi yg satu dengan sisi lainya. Jumlahnya ada 12.
    • Corner Pieces : sisi Rubik yg memiliki 3 warna, letaknya di bagian sudut. Jumlahnya ada 8.
  2. Langkah Pergerakan Rubik :
    • R (Right) : Memutar sisi rubik sebelah kanan searah jarum jam.
    • R' : Memutar sisi rubik sebelah kanan berlawanan arah jarum jam.
    • L (Left) : Memutar sisi rubik sebelah kiri searah jarum jam.
    • L' : Memutar sisi rubik sebelah kiri berlawanan arah jarum jam.
    • U (Up) : Memutar sisi rubik bagian atas searah jarum jam.
    • U' : Memutar sisi rubik bagian atas berlawanan arah jarum jam.
    • D (Down) : Memutar sisi rubik bagian bawah searah jarum jam.
    • D' : Memutar sisi rubik bagian bawah berlawanan arah jarum jam.
    • F (Front) : Memutar sisi rubik bagian depan searah jarum jam.
    • F' : Memutar sisi rubik bagian depan berlawanan arah jarum jam.
    • B (Back) : Memutar sisi rubik bagian belakang searah jarum jam.
    • B' : Memutar sisi rubik bagian belakang berlawanan arah jarum jam.
Ingat..! Semua gerakan diatas dilakukan hanya satu kali putaran saja atau 90° putaran. Dan untuk dua kali putaran atau 180° putaran, dilambangkan dengan menambahkan angka 2, misalnya L2, B2, U2...dst.

Oke, setelah kalian memahami istilah-istilah di atas, sekarang saatnya kita lanjutkan ke tahap-tahap penyusunannya.

Membuat Pola Cross (+)

cara menyusun rubik
Gb.1a
Tahap pertama dalam menyusun Rubik adalah dengan cara membuat Cross (+). Kita buat satu sisi Rubik (warna putih) menjadi bentuk Cross (+), seperti yg terlihat pada gb.1a.

Ndak ada algoritma khusus untuk membuat bentuk awal seperti ini. Semua dilakukan hanya berdasarkan logika sederhana saja. Kalian harus fokus pada Edge Pieces yg ada warna putihnya. Emmm... agak susah sebenernya bagi saya untuk menjelaskan langkah awal pembuatan bentuk Cross ini, tapi biarpun
susah, saya akan mencoba untuk memberikan sedikit gambaran sebagai arahan.
Pegang Center Pieces warna putih dengan ibu jari tangan kiri dan warna kebalikannya (kuning) dengan jari tengah..! Oke, sekarang kita anggab saja Center Pieces Putih sebagai Front (sisi depan). Selanjutnya, lihat warna dari Center Pieces sisi kanan..! Misalnya saja warnanya hijau. Cari Edge Pieces Putih Hijau lalu pasangkan warna hijaunya dengan Center Pieces-nya (hijau). Kalo kesulitan, lepaskan dulu ibu jari dari Center Pieces Putih. Dan setelah warna hijaunya sejajar, kembalikan ibu jari ke posisi semula. Setelah itu, putar sisi kanan rubik tadi (hijau) sampai Edge Pieces warna putihnya sejajar dengan Center Pieces-nya (putih). Gunakan Hijau sebagai poros putaran.
Nah... sekarang satu langkah telah selesai. Langkah selanjutnya adalah, putar Rubik 90° searah jarum jam dengan ibu jari dan jari tengah sebagai porosnya..! Oke... sebelahnya warna hijau adalah warna orange. Lakukan langkah yg sama seperti tadi.
Cari Edge Pieces Putih Orange lalu pasangkan warna orangenya dengan Center Pieces-nya (orange). Kalo sudah sejajar, putar sisi rubik tersebut (orange) sampai Edge Pieces warna putihnya sejajar dengan Center Pieces-nya (putih). Gunakan Orange sebagai poros putaran.

Lakukan hal yg sama pada kedua sisi yg lain, sampai terbentuk Cross seperti pada Gb.1b berikut ini.
cara menyusun rubik
Gb.1b


Lihat..! Di bawah warna putih, merah berpasangan dengan merah. Hijau berpasangan dengan hijau. Begitu pula dengan dua Edge Pieces lainnya, harus sama dengan Center Pieces-nya. Itu mutlak..!
Oke... setelah Cross terbentuk dengan sempurna, pastikan nanti letak sisi Rubik warna putihnya ada di bagian bawah (pindahkan ibu jari kalian sehingga sisi putih berada di bagian bawah).

Menyempurnakan Sisi Putih Sehingga Sisi Lainnya Membentuk Huruf T Terbalik

cara menyusun rubik
Gb.2a
Setelah pola cross terbentuk, langkah selanjutnya adalah menyelesaikan Corner Pieces Putih, sehingga nantinya warna sisi putih akan terbentuk dengan sempurna. Caranya, cari Corner Pieces yg ada warna putihnya kemudian letakkan sisi putihnya di bagian kanan dan warna lainnya harus berpasangan dengan Center Pieces-nya secara diagonal.
cara menyusun rubik
Gb.2b
Lihat pada Gb.2b, warna biru harus berpasangan dengan biru secara diagonal. Perhatikan garis kuningnya. Itu wajib..! Biru berpasangan dengan biru secara diagonal dan warna putih ada di sisi kanan.
Setelah posisi tersebut didapatkan, langkah selanjutnya adalah melakukan gerakan berikut,

R→U→R'

Nah... warna putihnya sudah pindah ke bawah kan sekarang...
Lakukan hal yg sama pada sisi-sisi lainnya. Putar bagian atas (gerakan U) sampai ditemukan posisi seperti pada Gb.2b untuk ketiga warna yg lain (satu demi satu), setelah itu lakukan lagi gerakan di atas.
cara menyusun rubik
Gb.2c
Kalau suatu misal jatuhnya diagonal berada di sebelah kiri seperti Gb.2c, lakukan gerakan kebalikannya :

L'→U'→L

Lakukan gerakan yg sama pada sisi-sisi berikutnya, sampai terbentuk pola seperti pada Gb.2a di atas. Pada gambar tersebut dapat kita lihat, warna putih sudah terbentuk dengan sempurna dan layer-layer diatasnya juga telah membentuk huruf T terbalik (lihat garis hijau).
Oke... langkah pertama sudah selesai.
Huuuuft... sedikit pusing kan? hahaha... sama, saya juga.

Menyempurnakan Layer Tengah

cara menyusun rubik
Gb.3a
Tahap ini adalah tahapan yg paling mudah untuk diselesaikan. Cara menyempurnakan layer tengah sangatlah sedehana. Pada tahap ini hanya akan terjadi tiga kemungkinan saja. Kalian bisa meng-aplikasikan langkah-langkah berikut untuk menyempurnakan letak posisi warna yg diinginkan. Lihat Gb.3b berikut ini.
cara menyusun rubik
Gb.3b
- Untuk memindahkan 1a ke 1b atau 2a ke 2b (atas ke kiri), lakukan saja gerakan berikut,

U'→L'→U'→L→U→F→U→F'

Dan untuk kebalikannya dari kiri ke atas,

F→U'→F'→U'→L'→U→L→U

- Untuk memindahkan 1a ke 1c atau 2a ke 2c (atas ke kanan), lakukan gerakan berikut,

U→R→U→R'→U'→F'→U'→F

Dan untuk kebalikannya, dari kanan ke atas,

F'→U→F→U→R→U'→R'→U'

Ndak usah khawatir, gerakan-gerakan di atas tidak akan merusak layer bawah dan juga bentuk T terbalik yg sudah jadi (Gb.2a).
Baiklah... setelah layer tengah terbentuk dengan sempurna, tahap selanjutnya adalah,

Membentuk Pola Cross Di Sisi Atas

cara menyusun rubik
Gb.4a
Sampai disini, Rubik Cube yg kita susun sudah 75% jadi. Tinggal beberapa langkah lagi ke enam sisi rubik akan tersusun dengan sempurna.
Untuk membuat pola Cross di sisi atas, cukup dengan cara melakukan gerakan berikut,

F→R→U→R'→U'→F'

Hanya dengan mengulang-ulang algoritma diatas maka akan didapatkan bentuk Cross seperti yg kita harapkan. Namun demikian jangan lupa, tetap perhatikan posisinya..!
cara menyusun rubik
Gb.4b
Lihat garis merah pada Gb.4b. Posisinya harus menghadap seperti itu. Jangan asal muter aja..! Karna sebenernya posisi yg ditunjukkan oleh garis merah itu adalah pola dasar dalam membuat bentuk Cross di sisi atas.
Abaikan saja dulu warna kuning yg lain (perhatikan hanya yg bergaris merah saja). Aplikasikan algoritma di atas sampai pola Cross terbentuk dengan sempurna di sisi atas. Dan setelah pola Cross terbentuk, langkah selanjutnya adalah...

Menyempurnakan Layer Atas

cara menyusun rubik
Gb.5
Sebenarnya ada banyak sekali algoritma yg bisa kita aplikasikan untuk menyempurnakan layer atas ini (kuning). Setiap posisi berbeda algoritmanya tapi untuk saat ini, kita cukup menggunakan satu algoritma saja. Lakukan gerakan berikut berulang-ulang,

R→U→R'→U→R→U→U→R'

Berapapun banyaknya kita melakukannya, itu ndak akan merusak posisi layer dibawahnya. Lakukan saja sampai sisi Rubik warna kuning terbentuk dengan sempurna. Tapi jangan lupa, biar lebih efektif posisinya juga harus tepat.
Menyerupai Bentuk Ikan.
Lihat Gb.5, perhatikan titik merah yg ada pada gambar yg kedua !
Usahakan posisi awal sebelum memutar seperti itu ya... seperti bentuk ikan yg menghadap ke kiri.
Oke... setelah layer atas tersusun dengan sempurna, sekarang kita masuk ke tahap finishing.

Menyempurnakan Sisi Kanan

cara menyusun rubik
Gb.6a

Untuk menyempurnakan sisi kanan, terlebih dulu kita harus mencari dua warna yg sama seperti yg ditunjukkan oleh titik putih pada Gb.6a. Putar putar sisi atasnya, sampai ditemukan pola seperti itu. Kalau belum ada, lakukan gerakan berikut untuk membuatnya,

R'→F→R'→B2→R→F'→R'→B2→R2

Setelah pola tersebut ditemukan, sejajarkan dengan pasangannya. Pada Gb.6a diatas, warna yg sama adalah biru, maka sejajarkan biru dengan biru.
cara menyusun rubik
Gb.6b
Oke... sekarang letakkan sisi biru yg sudah terbentuk tadi (seperti Gb.6a), di belakang (Back), kemudian lakukan lagi algoritma di atas. Ulangi sampai didapatkan pola seperti Gb.6b.
Perhatikan Gb.6b, posisikan warna sisi yg sudah sempurna (orange) disebelah kanan..! Kalau sudah lakukan satu algoritma terakhir berikut ini, biasanya perlu mengulang dua kali untuk benar-benar membuat ke enam sisi Rubik menjadi sempurna,

L2→U'→B→F'→L2→B'→F→U'→L2

Jeng njeng.... selamat... kalian sudah berhasil menyusun Rubik Cube 3x3 dengan sempurna. Saya bisa, berarti siapapun juga pasti bisa asal mau belajar dan menghafalkan langkah-langkah di atas.

Biar cepet bisa, jangan hanya membaca saja tapi dibarengi dengan praktek. Beli Rubik Cube di Toys Center, di Gramedia terdekat atau beli secara online di http://gudangmainan.tokolinda.com/category/rubik/. Kalau belum sempat beli, gunakan saja Rubik Cube Virtual (3D game). Kalian bisa download gamenya disini,
Download Game Rubik Cube 3x3 untuk HP Java


Selamat mencoba..!


keyword :
rubik, rubik cube, cara menyusun rubik, menyempurnakan bentuk rubik, download rubik game, rubik.jar, rubik cube game, morrixcube.jarShare/Save/Bookmark Subscribe



Related Posts :



61 komentar:

enam-empat blog on 22 September 2010 12.38 mengatakan...

kalo tutor gini susah gan mengertinya,enakan pake video,di youtube ada tutory,mlai dari rubrik 3x3,6x6,9x9.
Thank's

fajar on 22 September 2010 13.52 mengatakan...

wah..iki iso sinau nang kene....ki..soale..lagi iso nggawe satu sisi je...nuwun kang ilmune...

Camajuyas on 22 September 2010 13.54 mengatakan...

wah...ini pakdhe..yang kucari masalah penyelesaian game rubrik...thanks...pakdhe...

Laksamana Embun on 22 September 2010 13.55 mengatakan...

Trnyata ada juga Rumusnya2 dalam permainan ini, saya blum pernah coba permainan seperti ini tapi dilihat2 permainan ini asyik..

rizal on 22 September 2010 14.55 mengatakan...

saya pernah sekali nyoba tapi nggak berhasil, mungkin butuh kesabaran kali...

thank tutornya

marsudiyanto on 22 September 2010 15.25 mengatakan...

Makasih sharingnya...
Akan nyoba menerapkan...

inge / cyber dreamer on 22 September 2010 17.45 mengatakan...

wah bisa belajar dari sini nih ^^

thx for share >,<

tukang komen on 23 September 2010 10.01 mengatakan...

Ha..ha.. kang sugeng kena demam rubik juga nih... iya kang pake metode ini memang enak, gampang ngertinya tapi solvenya lebih lama rekor tercepatku cuman mentok di 1 menit 50 detik, ini aku sedang belajar metode fridrich, baru aku aplikasikan separoh di F2L nya waktuku udah bisa ke 1 menit 1 detik, konon kalo udah sempurna pake metode fridrich, bisa tembus ke kelas 20 base atau 20 detik, rekor dunia saat ini 7,80 detik.... sangar gak tuh.... ck..ck..ck..ck...

Mr, Kem on 23 September 2010 10.28 mengatakan...

wah gile kang komen, rekor nya mantap..aku masih atas 10 menit...haha..masih pemula

blogger templates on 23 September 2010 10.43 mengatakan...

saya ga bisa maen rubix kang... hihihihihihihihi...
depan laptop mulu kerjaannya.... hahahhahahahhahaha


sukses selalu kang...

joe on 23 September 2010 12.39 mengatakan...

wah ternyata ada rumusnya ya.... simpan ah...

Yolizz on 23 September 2010 14.23 mengatakan...

temen aku doyan amat tuh maenan rubik, dia mah udah lihai kayaknya :D

Isti on 23 September 2010 20.21 mengatakan...

jadi pengen beli kubiknya trus tak cobain..

ivan kavalera on 24 September 2010 01.44 mengatakan...

Pernah juga belajar gini tapi gak bisa-bisa, mas..hiikzz.

Return to My Blogg on 24 September 2010 12.55 mengatakan...

udah lama ga megang rubik.. dikelas lagi musimnya rubik nih...
caranya rumit, bikin huruf T terbalik saya masih bengong

Yohan Wibisono on 24 September 2010 16.31 mengatakan...

Nice Article, inspiring. Aku juga suka nulis artikel bidang Bisnis dan Kesehatan di blogku : http:// www.indonetwork.co.id/ptmsinet, silahkan kunjungi, mudah-mudahan manfaat

Anton wijaya on 24 September 2010 21.40 mengatakan...

Tutorialnya panjang dan rinci kang.

Abi Sabila on 25 September 2010 13.18 mengatakan...

sejauh ini belum bisa menyusun rubik kembali secara benar

bliyanbayem on 25 September 2010 14.16 mengatakan...

WAH, rubik. mainanku waktu SMP nih...

dulu sering banget maininnya... gampang2 susah!

Puspita on 25 September 2010 18.57 mengatakan...

Saya pilih main bola daripada main rubrik .... selamat bermain.

Ivan Rahmadiawan on 26 September 2010 08.26 mengatakan...

Wiess, koment mu ngajak perang yah??? Yg jelek itu kamu, bukan aku. #halahhh

Rubik? Males dah mainnya. Buang waktu, mending baca buku 'Biologi' sama 'anatomi tubuh wanita'. #bloggerrajinbelajar :p

Seti@wan Dirgant@Ra on 26 September 2010 10.48 mengatakan...

Aku print out dulu Kang....
Coba pelajari.

Seti@wan Dirgant@Ra on 26 September 2010 10.52 mengatakan...

Mohon maaf kang...
lama baru sempat mampir.

Senja on 26 September 2010 11.50 mengatakan...

ternyata ada trik dan rumusnya ya kang ^^

aku punya rubik,bolak-balik...gak tersusun juga :(
apa kabar kang....? tetep semangat kok main ke sini,hanya kdg untuk BW nya sendiri susah bgt.

menyesal juga harus mengakui saya adalah bloger yg moody hiksss....

insyallah kang,semoga semangat ngeblognya balik lg nih...semangattttt.... :D

manshurzikri on 26 September 2010 12.14 mengatakan...

Halo Kang, thank udah berkunjung ke blog saya. hehehe
wah, udah lama ga ke blog si akang nih, makin oke aja. Maaf jrg mampir kang, tugas kuliah bnyk, dan ga sempat blogwalikng. Hehehe, lagipula kmrn saya sakit, di rawat, jd udah lama ga ol.

saya setuju dgn 64, klo tutor dlm bntuk tulisan gini memang rada ribet, Kang. Gmn klo nge-post video nya aja, pasti lebih oke. heheheh *sekadar sarang. :)

Sang Cerpenis bercerita on 26 September 2010 15.22 mengatakan...

dulu suka main beginian nih. seru lho

the others.... on 26 September 2010 16.45 mengatakan...

Baru tahu aku ada caranya ternyata..
Makasih Kang udah berbagi info. Selama ini aku penasaran banget karena tak pernah berhasil menyusun rubik... hehehe

cereeta on 26 September 2010 16.46 mengatakan...

ternyata sudah banyak triknya yah? lalu pa untuk mengasah otak sudah tidak ada lagi? soalnya triknya sudah bisa dicari. hehe.

Itik Bali on 26 September 2010 21.43 mengatakan...

wahhh ini yang tak cari kang
tak coba dulu ya..
smoga berhasil
kalo ngga berhasil balik lagi dah..
eheheh

attayaya speedtest on 27 September 2010 10.04 mengatakan...

waaaaah pas banget neh mas
aku ma temen2 lagi coba ngutak atik rubik
walo aku kepayahan
jiahahaha...

narti on 27 September 2010 11.23 mengatakan...

ternyata ada rumusnya ya...pantes belum pernah sukses... :(

sda on 27 September 2010 11.24 mengatakan...

biasa anak2 yg main, tapi ya asal putar aja.
makasih tutorialnya, lengkap sekali.

NDA on 27 September 2010 12.54 mengatakan...

tapi saya ngga punya rubiks deh kang :P

ajeng on 27 September 2010 14.32 mengatakan...

Keponakan saya lebih pintar dari pada saya mainin rubik mas :(

Rubiyanto on 28 September 2010 00.58 mengatakan...

weleh-weleh, masih agak bingung dengan permainan yang satu ini .....

Sudinotakim on 28 September 2010 07.23 mengatakan...

Makasih sharenya kang, dari dulu saya ingin mengajari anak saya menyusun rubik ini

lita on 28 September 2010 08.12 mengatakan...

pusing liatnya hehehe....soalnya ndak langsung praktek, kagak punya si :p

lyna riyanto on 28 September 2010 18.50 mengatakan...

waah tutorialnya kreen
tapi saya bacanya jadi pusing
memang harus langsung praktek kali yaa
mo nyari rubik anak saya dulu heheh

Pak Ugeng on 28 September 2010 19.21 mengatakan...

Kang Sugeng, pertemuan Halal bi Halal warga Pacitan Minggu, 3 Oktober 2010 di Gedung Cak Durasim, Gentengkali.

TUKANG CoLoNG on 28 September 2010 21.38 mengatakan...

kayaknya gampang, coba ah..:)

berpikir positif on 29 September 2010 19.58 mengatakan...

ternyata ada rumusnya ya kang pantas anak-anak di Jepang cepat banget menyelesaikan

TAMriN GAnteNk on 1 Oktober 2010 18.49 mengatakan...

WaaH ... HEBat, KaNG PAsti JAgo MAInnya Y?

ArmSTROng_PROduct@YahoO.co.ID

Laston M Nainggolan on 1 Oktober 2010 20.25 mengatakan...

tks,,, untuk ilmunya kawan.. salam kenal

Saung Web on 2 Oktober 2010 15.53 mengatakan...

Wah nyelimet juga ya cara nysunnya ... bikik punyeng mas haha

Sukadi Brotoadmojo on 2 Oktober 2010 23.38 mengatakan...

kalau saya lihat orang main rubik kelihatannya mudah sekali, tapi kalau dipraktekkan sulitnya minta ampun... :)

New Trik Tips Computer on 3 Oktober 2010 16.43 mengatakan...

saya msh pusing nich,.,.
tapi saya akan terus berusaha agar bisa
makasih ya atas informasinya

aguestri.co.cc on 7 Oktober 2010 15.52 mengatakan...

Liat game nya adja sudah pusing sob hehehe

Belajar Bisnis Forex on 9 Oktober 2010 06.32 mengatakan...

Nah ini bagus nih buat keponakan gue, kalau bisa dilengkapi dengan video juga, mas. biar gak bingung :)

toko online on 16 Oktober 2010 10.51 mengatakan...

wah kok malah jadi tambah bingung ya? he, tapi saya akan terus belajar, dan terimakasih atas pengarahannya. sukses selalu

Anonim mengatakan...

salam kenal balik dari warungkopiplus.blogspot.com


kalo aku punya cara jitu dan cepat paling untuk menyelesaikan rubik tu mas, yang ngajarin istriku...,
caranya silahkan dibaca di cara paling cepat menyusun rubik

ichwana on 2 November 2010 11.01 mengatakan...

terima kasih atas infonya..
kunjungi juga http://elektro.unand.ac.id
terima kasih

http://doichwana.blogspot.com

Tour Travel on 8 November 2010 16.23 mengatakan...

thanks ya pak, boleh dicoba neh..baru tau ada tips n triksnya, selama ini gagal mulu mainnya.slm kenal

Car Air Freshener on 11 November 2010 14.43 mengatakan...

salam kenal .
beuuh mantap nii .
dicoba kang .
dari dulu bisa tapi setengah warna doang

hybrid cars on 13 November 2010 09.26 mengatakan...

Akhirnya penasaran saya terjawab. Thanks Infonya sob...

Saung Web on 13 November 2010 16.07 mengatakan...

Wah kayak kurang kerjaan aja main2 yg ginian kang... haha.. kamana bae atuh.. kok ngilang dari peredaran.

Link Tea on 13 November 2010 16.08 mengatakan...

Haha... saekarang pake di approv2 an segala nih.. hehe.. siip dah.. biar gak ada yg nyepam

Semuil Djoko Purnomo on 19 November 2010 23.12 mengatakan...

Sip...sip...sip...mau tak coba dan tak apalin dl....hah...akhirnya ada jg to caranya...trims dan salam kenal ya...

Pulsa Elektrik on 25 November 2010 10.40 mengatakan...

Rubik, bikin mumet :D Gak mampu gue

Blogger mania on 1 Desember 2010 17.32 mengatakan...

Tutorialnya bagus mas,,,tp kayaknya lebih jelas pakai video,,,,coz kalau pakek ini rata2 1 menit..

oya mas, ada tutorial yang lebih cepat selesain ga,,?? kalau ada bagi2 mas

Hotel di Lamongan on 19 Desember 2010 23.02 mengatakan...

makasih banget triknya

cheat point blank terbaru on 15 Juli 2011 10.41 mengatakan...

pantes temen gw jago amen rubik trny ada caranya...
thx gan

Posting Komentar

[ Full Page Comment Form ]

Maaf... karena banyak SPAMMER, terpaksa saya mengaktifkan MODERASI.
Ini adalah DOFOLLOW BLOG, setiap komen yg kamu tinggalkan, akan menjadi BACKLINK buat URL yg kamu sertakan, so... tinggalkan komen yg sesuai dengan TEMA, jangan NYEPAM..!!
Gunakan Name/URL biar lebih efektif. Jangan lupa pake http:// biar ndak BROKEN LINK.
Komentar APAPUN asal sopan dan punya aturan, PASTI saya terbitkan, KECUALI yg menyertakan LINK, akan langsung saya DELETE..!!

Back to TOP

 

Be A Great Person Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template