Senin, Februari 14, 2011

Taman Flora Kebun Bibit Salah Satu Taman Terlengkap Di Kota Surabaya

kebun bibit surabaya

Bagi masyarakat Surabaya dan sekitarnya nama Kebun Bibit tidaklah asing lagi di telinga. Setiap hari khususnya hari Sabtu dan Minggu, di tempat ini hampir tak pernah sepi oleh pengunjung. Mereka memanfaatkannya sebagai tempat refreshing dan tempat bersantai ria bersama teman dan juga keluarga.
Dulu ketika pertama kali diresmikan dan dibuka untuk umum, Agustus 2007, banyak orang mengira bahwa Kebun Bibit adalah sebuah area penyemaian bibit atau semacam tempat untuk menanam bibit-bibit pohon. Tapi ternyata semua itu tidaklah benar. Kebun Bibit adalah sebuah taman kota, hasil konservasi alam buatan yang dikembangkan oleh Pemerintah Kotamadya Surabaya.

Sepintas lalu Kebun Bibit ini memang terlihat seperti layaknya taman-taman kota biasa. Tapi jangan salah. Jika kita mau menyusurinya lebih dalam lagi, maka kita akan menemukan banyak sekali hal-hal baru yang tentunya sangat bermanfaat untuk me-refresh otak kita yang mungkin terasa penat setelah seharian penuh melakukan berbagai aktifitas. Makanya saya menyebut taman ini sebagai salah satu taman kota yang sudah memenuhi standard pertamanan kota. Mengapa demikian? Mari kita coba untuk menelusurinya lebih dalam lagi.
kebun bibit surabaya

Ketika memasuki pintu gerbang, kita akan disambut oleh jajaran bunga aneka warna dan juga tanaman hias lain yang ditata rapi di sepanjang jalan berpaving. Jalan berpaving ini akan membawa kita masuk menuju tempat parkir kendaraan yang kemudian dilanjutkan menuju sangkar burung dan kolam untuk yang arah utara. Dan menuju taman bacaan, tempat jogging serta rest area untuk yang arah selatan. Udara segar dan menyejukkan sudah sangat terasa ketika kita mulai berjalan menyusuri taman ini. Berbagai macam pepohonan akan kita jumpai di sepanjang perjalanan. Agar tidak ada satu lokasipun yang terlewatkan, sebaiknya kita mengawali perjalanan ini dari bagian utara taman.

Di ujung utara taman sebelah kiri, terdapat sebuah sangkar burung yang berukuran raksasa. Berbagai jenis species burung ada dalam sangkar tersebut. Mulai dari cenderawasih, merak, burung unta, burung nuri, rangkok, parkit, bahkan burung pipitpun sesekali terlihat beterbangan di dalam sangkar yang berukuran sekitar 10 x 30 meter itu. Bukan itu saja, tepat disamping sangkar burung ini juga terdapat beberapa ekor rusa tutul, rusa bawean dan monyet-monyet kecil yang lucu-lucu dan menggemaskan. Mereka semua dibuatkan kandang khusus yang bersebelahan dengan kolam lengkap dengan ikan hias, air mancur, air terjun dan juga tebing buatan. Anak-anakpun bisa dengan leluasa berinteraksi dengan mereka. Memberi makan rusa, memberi makan monyet dan bermain air sepuasnya.

Yup... memang selain menanam lebih dari seribu jenis pohon sebagai bentuk kepeduliannya terhadap lingkungan, taman seluas 4,2 hektar ini juga memelihara beberapa ekor satwa. Itu semua dilakukan demi untuk menyelaraskan atau menyeimbangkan lingkungan alam buatan ini.
kebun bibit surabaya

Elemen-elemen pendukungnyapun dibuat sedemikian rupa sehingga itu semua mampu menambah kecantikan estetika taman. Dan salah satunya adalah kolam itu tadi. Perpaduan antara bebatuan, air terjun dan tebing buatannya membuat kolam itu terkesan semakin dinamis.
Jalan-jalan setapak atau stepping stone, terlihat berkelok-kelok menghubungkan satu lokasi ke lokasi yang lain. Di setiap titik lokasipun sudah dibangun gazebo lengkap dengan bangku-bangku taman dan lampu hias yang nampak begitu serasi.
kebun bibit surabaya

Bagi pengunjung yang mungkin suka dengan arena permainan uji ketangkasan atau yang sering disebut outbond, taman ini juga menyediakan fasilitasnya. Lokasi arena uji ketangkasan ini berada di bagian utara taman sebelah kanan. Elvis Walk, Burma Bridge, Rope Climbing, Fliying Fox dan berbagai jenis permainan outbond yang lain, bisa kita temukan di sini.
kebun bibit surabaya

Kalaupun kita sudah puas bermain air dan merasa lelah setelah mencoba permainan uji ketangkasan, kita bisa beristirahat di bawah pohon yang sangat rindang. Kita tinggal menyusuri saja jalan-jalan setapak yang menuju ke arah selatan. Jalan-jalan tersebut akan membawa kita ke deretan pepohonan rindang yang banyak tertanam di bagian selatan taman. Disini kita bisa duduk-duduk santai sambil makan, ataupun menggelar alas tikar untuk tiduran sambil mengawasi anak-anak yang sedang bermain ayunan, mandi bola, jungkat-jungkit dan berbagai jenis permainan lainnya yang tersebar di seluruh penjuru taman.
Atau mungkin kita pengin bersantai sambil mengakses internet? Bisa. Semua itu bisa kita lakukan di Taman Flora Kebun Bibit ini, karena selain menyediakan taman bacaan atau tempat penyewaan buku untuk dibaca di tempat, taman ini juga sudah dilengkapi dengan fasilitas koneksi jaringan nirkabel atau wi-fi. Gratis dan semua pengunjungpun boleh mengaksesnya. Tentu saja harus membawa laptop sendiri.

So... tunggu apa lagi?? Kalau mungkin kalian sedang berkunjung ke Surabaya, jangan lupa mampir juga ke taman ini ya.... saya tunggu lho....


sumber photo : http://www.eastjava.com
Share/Save/Bookmark Subscribe



Related Posts :



24 komentar:

Senja on 14 Februari 2011 23.32 mengatakan...

wah, sejuk banget ya kang... enak banget kalau bisa duduk-duduk dan santai disana,membawa buku bahkan laptop krn disana jg sdh ada koneksi internet ya. saya akan lebih memilih kesini ketimbang kongkow di kafe2..... :)

makasih infonya kang ^^

Edo on 15 Februari 2011 14.28 mengatakan...

Udah pernah ksana...,
kpan k sby lg....,
*curcol

n.nv

7 taman langit on 15 Februari 2011 17.08 mengatakan...

taman kota yang menyenangkan
info baru
terima kasih

wits on 15 Februari 2011 17.38 mengatakan...

insyaallah. Ke surabaya mslhnya, andai aku diberi kesempatan..

Return to My Blogg on 15 Februari 2011 19.18 mengatakan...

ingin kesana...

T Shirt Printing on 16 Februari 2011 01.33 mengatakan...

Terima kasih atas informasi ini, amat menarik sekali. =)

Narmadi on 16 Februari 2011 08.36 mengatakan...

Masih Mimpi kali nih saya buat berkunjung ke sana, tapi kalu diliat2 pagar pagarnya mirip kayak di Ragunan ya ? hmm

IbuDini on 16 Februari 2011 09.27 mengatakan...

Nanti kalau sampai ke Surabaya disempatkan kemari..kelihatannya bagus.
Kang Sugeng gimana kabarnya, semoga sehat selalu ya..
ada Award disini Kang..http://barbiedini.blogspot.com/2011/02/award-untuk-sahabat.html

Skydrugz on 16 Februari 2011 21.13 mengatakan...

yya sy harus berkunjung ke sini deh... :D


spy bisa dapat buah gratis :D

Kaos Distro on 17 Februari 2011 07.38 mengatakan...

Sebagai salah satu warga surabaya, sy juga bangga dan senang banget. Jangan sampai digusur ya..please..ini kan paru paru kota

Wendy Achmmad on 17 Februari 2011 08.43 mengatakan...

Mantap Brother, taman kota memang diperlukan untuk meningkatkan kehijauan kota sekaligus sebagai area rekreasi ...

JHONI on 17 Februari 2011 11.00 mengatakan...

wahhhh jadi pengen main kesana......hm nabung dulu ah!!!!!

apa kabar kang????

irul-green on 17 Februari 2011 13.34 mengatakan...

jadi makin bangga tinggal di surabaya..

NINDAAA on 17 Februari 2011 23.18 mengatakan...

waaaa pengen kesanaaa kaaangg

Belajar Photoshop on 18 Februari 2011 05.53 mengatakan...

terasa sejuknya pagi ini sambil melihat2 foto yg ada di sini kang.. jadi pingin ke sana :p tp gag punya duit :(

-Gek- on 18 Februari 2011 10.27 mengatakan...

wiii, ada wi-fi nya keren amat... blog kang sugeng jadi berubah,, ijooo gituuu..
*apa saya yang telat yak? :D

Tri on 19 Februari 2011 09.26 mengatakan...

Wah.. lama banget gak ke surabaya,juga gak ke blog ini, btw tiket masuknya berapa kang... kapan-kapan mampir sana ah...

Anak Brayan on 22 Februari 2011 19.29 mengatakan...

wahh.h.h..
bagus banget bang..
ntar kl visit k surabaya. singgah deh...

Kuliner on 28 Maret 2011 16.53 mengatakan...

salam kenal .
makasih buat infonya .
wahh keren tempatnya .

obat kanker prostat on 29 Maret 2011 09.14 mengatakan...

wah mantrap juga tuh gan suasanan nya, makasih gan buat infonya salma kenal aja gan

obat penyakit gondok on 8 April 2011 09.17 mengatakan...

wah suasana nya juga mantap sekali nih , aku jadi pengen nyoba ke sana nih, makasih buat infonya

Forex on 13 Juli 2011 14.44 mengatakan...

wah sepertinya seru tw n tempatnya sejuk,,,, :)

agen xamthone plus bengkulu on 28 Juli 2011 11.13 mengatakan...

wahhh tempatnya asyikk bgt..
mantapp photo2 di sana. :)

obat asam urat on 5 Agustus 2011 15.10 mengatakan...

hijau emang menyejukan
hehe
jdi pengent nyoba liburan kesana

Posting Komentar

[ Full Page Comment Form ]

Maaf... karena banyak SPAMMER, terpaksa saya mengaktifkan MODERASI.
Ini adalah DOFOLLOW BLOG, setiap komen yg kamu tinggalkan, akan menjadi BACKLINK buat URL yg kamu sertakan, so... tinggalkan komen yg sesuai dengan TEMA, jangan NYEPAM..!!
Gunakan Name/URL biar lebih efektif. Jangan lupa pake http:// biar ndak BROKEN LINK.
Komentar APAPUN asal sopan dan punya aturan, PASTI saya terbitkan, KECUALI yg menyertakan LINK, akan langsung saya DELETE..!!

Back to TOP

 

Be A Great Person Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template