Rabu, Juli 06, 2011

Belajar Bahasa Jawa : Kaluhuraning Gusti Kang Maha Agung

Rasanya sudah lama sekali saya ndak mengisi blog ini dengan artikel bahasa Jawa yg memang sudah saya jadikan sebagai ciri khas dari Be A Great Person. Makanya kali ini saya akan menuliskan sepenggal kalimat dalam Bahasa Jawa yg tentu saja lengkap dengan terjemahannya sekalian, dengan harapan, tulisan ini nantinya mampu membuat kita (sebagai orang Jawa) semakin mencintai (nguri-uri) budayanya sendiri, dan juga (sebagai orang Indonesia) semakin ingin menambah wawasan tentang keaneka-ragaman budaya yg ada di tanah air tercinta ini.

Coba simak kalimat berikut ini baik-baik :


Yen pinuju wayah wengi langite terang banjur tumengaa ing tawang.
Kita bakal nyipati saperangane gelaring alam.
Abyoring langit kang sumilak sinebaran lintang-lintang pating krelip.
Gedhe cilik kaya wis sengadi tinata panggonane.
Angin sumilir ngobahake kekayonan lan gegodhongan kang ngandhut aruming gandane kekembangan.
Sing kaya mangkono kuwi sayekti bisa nuwuhake rasa pangrasa tentrem ing ati kita.
Nanging luwih saka iku, apa sing kaya mangkono mau ora ngosikake kita tumrap Kaluhuraning Gusti Kang Maha Agung kang wus mranata sakabehing mau??



Terjemahan bebasnya kira-kira seperti ini :

Ketika malam telah datang kemudian kita melihat ka angkasa yang terang (terang yg dimaksud disini adalah terang karena bintang). Kita akan melihat sepenggal dari penampakan alam. Gemerlap langit yang diterangi oleh banyaknya bintang bintang yang berkerlip. (Bintang) besar (dan) (bintang) kecil seperti sudah tertata rapi ditempatnya. Angin yg berhembus sepoi-sepoi menggerakkan pepohonan dan dedaunan yang membawa aroma wangi berbagai macam bunga. Hal seperti itulah sebenarnya yang bisa menimbulkan sebuah rasa perasaan yang tentram di dalam bathin kita. Bukan hanya itu, apakah hal tersebut masih belum juga mampu untuk membuat kita sadar akan Kemuliaan Tuhan Yang Maha Agung yang sudah menata segalanya??

hmmmmmmmmmmmm........ mari kita coba renungkan.Share/Save/Bookmark Subscribe



Related Posts :



27 komentar:

joe on 1 Juli 2011 22.14 mengatakan...

itu diambil dari mana kang, atau karya sampean sendiri?

Senja on 2 Juli 2011 07.56 mengatakan...

frustasi baca bahasa jawanya krn gak ngerti tp ternyata ada terjemahannya, dannn....artinya luar biasa indah :)

apa kabar kang ? sehat-sehat saja kan...?

susisetya on 2 Juli 2011 11.59 mengatakan...

Ini puisi jawa yach !..isinya penuh makna,...
kalau bukan kita yang melestarikan budaya dan bahasa daerah kita, siapa lagi...ditengah gencarnya anak muda meng anak emaskan budaya barat...

mayank on 2 Juli 2011 12.38 mengatakan...

kang sugeng aku suka bahasa jawa, sering2 posting yang beginian ya...suka bangeeet.

lagi belajar niyh...aku suka wayang juga masalahnya :))

XAMthone plus on 2 Juli 2011 13.40 mengatakan...

waduh jadi kebayang malam yang terang lagi berdua sama pacar di tengah rumput yang di sinari dengn bintang tuh, hehe

joko on 2 Juli 2011 14.42 mengatakan...

wah bahasa jawa tralate indo donk

prekdut on 2 Juli 2011 17.31 mengatakan...

salam kenal...na ini baru setuju orang jawa harus bs atau paham jawa..

jamal on 2 Juli 2011 21.34 mengatakan...

lain kali postingan semuanya bahasa jawa tapu harus ada terjemhnya supaya aku bisa beljar sekalin

IbuDini on 4 Juli 2011 09.04 mengatakan...

Mencoba merenungkan apa yang sudah Kang Sugeng tuliskan.
Gimana kabarnya kang...lama sekali gak ada kabar-kabarinya

obat tradoisional gagal ginjal on 4 Juli 2011 12.35 mengatakan...

sangat dalem sekali makna nya...

Obat penyakit jantung on 4 Juli 2011 15.21 mengatakan...

waduh ternyata renungan juga yah, lumayan tuh buat kata-kata sms malam ma pacar, hehehe

Umy Diary on 4 Juli 2011 17.04 mengatakan...

kunjungan perdana ni...
hihihi,, nice blog n happy blogging dech,,
slam blogger..

dini,,,

pulsa murah on 5 Juli 2011 14.16 mengatakan...

sepetinya susah juga nich belajar bahasa jawa.btw ini bahasa jawa mana nich sob?

agen xamthone plus banjarmasin on 5 Juli 2011 14.17 mengatakan...

renungan yang sangat indah gan, heheh, kedepan nya sekalian posting bahasa jawa gan supaya aku bisa bahasa jawa hehe

restry on 5 Juli 2011 23.21 mengatakan...

yak renungan yang apik, yang mengingatkan bahwa Tuhan adalah Maha Kuasa,, mengingatkan agar kita selalu bersyukur atas segala pemberiannya

joko on 6 Juli 2011 08.17 mengatakan...

mantap gan

raharja on 7 Juli 2011 13.11 mengatakan...

saya nih asli orang jawa lho mas, tapi karena perantauan bahasa jawanya ampun-ampun mas.

Agen xamthone plus cirebon on 7 Juli 2011 15.16 mengatakan...

wah ternyata bahasa jawanya renungan juga ya, hehe, makasih banyak atas artikelnya

agen jelly gamat balikpapan on 8 Juli 2011 15.19 mengatakan...

posting terus bahasa jawanya gan supaya aku bisa bahasa jawa nih, hehe, makasih banyak atas infonya semoga bermanfaat

obat herbal gagal ginjal on 16 Juli 2011 09.01 mengatakan...

wah hebat sekali ya kalau di artikan baru aku tahu maksudnya

Software Akuntansi on 19 Juli 2011 10.47 mengatakan...

matur nuwun nggih, Artikel ipun sanget apik...

vantbeat on 27 Juli 2011 00.53 mengatakan...

Matur nuwun ingkang kathah...

newbie kang...

obat herbal diabetes on 28 Juli 2011 10.59 mengatakan...

wahh kebetulan saya pengen bisa bahasa jawa.....

ntar saya ajarin juga bahasa sunda...
ok>>!!

toko kado on 30 Juli 2011 09.42 mengatakan...

awalnya saya gak ngerti sama sekali baca bahasa jawanya , tapi setelah baca terjemahannya sungguh membuat hati saya ikut tentram :)
artikel yg bagus , dan sangat bagus untuk di renungkan :)

obat alami luka luka on 11 Agustus 2011 14.45 mengatakan...

makasih info nya

obat herbal jantung on 13 Agustus 2011 11.25 mengatakan...

sangat susah belajar bahasa jawa ,, kadang saya suka melohok sendiri.hiihi

obat alami kolestrol on 13 Agustus 2011 14.09 mengatakan...

puisi nya sangat bagus nie gan.....

Posting Komentar

[ Full Page Comment Form ]

Maaf... karena banyak SPAMMER, terpaksa saya mengaktifkan MODERASI.
Ini adalah DOFOLLOW BLOG, setiap komen yg kamu tinggalkan, akan menjadi BACKLINK buat URL yg kamu sertakan, so... tinggalkan komen yg sesuai dengan TEMA, jangan NYEPAM..!!
Gunakan Name/URL biar lebih efektif. Jangan lupa pake http:// biar ndak BROKEN LINK.
Komentar APAPUN asal sopan dan punya aturan, PASTI saya terbitkan, KECUALI yg menyertakan LINK, akan langsung saya DELETE..!!

Back to TOP

 

Be A Great Person Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template