Minggu, Agustus 16, 2009

Teknik Dan Cara Menulis (Bagian 2)

Ini adalah lanjutan dari postingan saya sebelumnya yaitu Teknik dan Cara Menulis (Bagian 1)

Menurut saya, untuk mendapatkan hasil tulisan yg maksimal itu, kita harus mempunyai satu pedoman atau kaidah-kaidah tertentu. Nah apa saja kaidah-kaidah dalam menulis itu? Berikut akan saya bahas satu demi satu, kaidah-kaidah dalam menulis yg sudah sepatutnya kita jadikan sebagai bahan pertimbangan.

1. Yang pertama adalah LENGKAP.
Teks yg ditulis harus memuat berbagai macam informasi atau fakta yg sesuai, yg nantinya diperlukan untuk mengantisipasi reaksi para pembacanya.

2. SIMPEL.
Kesuksesan penyampaian pesan terletak pada pemilihan jalan terpendek yg bisa langsung mencapai tujuannya.
Simpel disini maksudnya adalah suatu format antara singkat dan panjang. Jika suatu format terlalu singkat, maka akan terasa kurang, sedangkan jika terlalu panjang, maka akan menjemukan. Sebaiknya, penulis selalu konsisten pada hal-hal dibawah ini:
a. Menghilangkan kalimat-kalimat yg nggak penting.
b. Menghilangkan kalimat-kalimat yg berulang-ulang.
c. Menghindarkan pembahasan yg melebar.
d. Menghindari kalimat yg didramatisasi secara berlebihan.
e. Menghindari kalimat yg samar atau sulit dipahami.
f. Menghindari pengantar atau pendahuluan yg terlalu panjang.

3. AKURAT.
Akurat dalam arti, tulisan itu konkrit dan tidak berputar-putar pada kata-kata atau topik-topik yg umum.
Ciri-ciri tulisan yg akurat yaitu:
a. Ada penjelasan tentang istilah-istilah dan paham-paham.
b. Akurat dalam menerjemahkan kutipan dari bahasa asing.
c. Akurat dalam menyebut nama.
d. Akurat dalam menyebut tanggal dan angka.
e. Membedakan dengan jelas antara kalimat kutipan dengan kalimat penulis dengan mencantumkan tanda petik.
f. Akurat dalam mengutip ayat, menyebutkan sumber hadits, dan pemilik suatu pendapat secara tepat.

4. OBJEKTIF.
Penulis harus membedakan antara pendapat dan fakta, netral dan tidak memihak kecuali pada kebenaran yg didasarkan pada data-data yg otentik. Contoh-contoh tindakan yg nggak objektif antara lain,
a. Memberikan predikat kepada orang lain dengan predikat-predikat yg negatif yg tidak sesuai dengan realitanya.
b. Mengabaikan peristiwa-peristiwa yg penting atau
keberhasilan-keberhasilan positif karena pelaku dan pemiliknya adalah orang yg tidak disukai.
c. Menyajikan opini sebagai fakta.
d. Menyebutkan sisi positif tanpa menyebutkan sisi negatifnya, dan sebaliknya.
e. Menampilkan aktivitas tertentu secara berulang-ulang sebagai sarana
promosi.

5. SEDERHANA.
Penyederhanaan adalah salah satu karakter penting dalam mengedit tulisan yg menampilkan peristiwa-peristiwa dan gagasan-gagasan dengan format yg mudah dipahami. Tapi ini bukan berarti menjadikan tulisan tidak bermutu dan dangkal, melainkan tulisan itu disajikan dengan bahasa yg mudah dipahami oleh pembaca.

6. JELAS.
Jelas disini ada dua macam, yakni jelas redaksional dan jelas isinya.
Jelas redaksional, artinya susunan bahasanya sederhana dan nggak berbelit-belit.
Kejelasan redaksional ini dapat dibantu oleh berbagai hal, antara lain :
- konsisten terhadap kaidah gramatika (tata bahasa).
- konsisten terhadap kaidah penulisan huruf (spelling) dan
- konsisten terhadap kaidah penggunaan tanda baca.
Sedangkan kejelasan isi, maksudnya adalah cara penyampaian tulisan itu sendiri agar informasi yg diberikan benar-benar sampai ke benak para pembacanya dan dapat diapresiasikan dengan baik. Maka dari itulah tulisan tersebut harus jelas.

Sebuah topik nggak mungkin dapat dipaparkan dengan baik, kecuali apabila topik tersebut sudah dipahami dengan benar dan baik pula, sebab orang yg nggak memahami sesuatu, nggak mungkin bisa mengungkapkannya dengan jelas dan benar.

Itulah kawan, beberapa kaidah menulis yg harus kita pegang demi mendapatkan hasil karya tulis yg efektif. Untuk poin yg ke 7, 8 dan 9, saya lanjutkan nanti saja di postingan berikutnya. Sampai ketemu nanti Kawan, di Teknik Dan Cara Menulis (Bagian 3)

Oiya, barusan saya dapat award dari Mbak Fanny, sang cerpenis.Trimakasih ya Mbak, Awardnya kweren abis, saya suka banget, makanya langsung saya posting aja sekalian, hehehe.....#Share/Save/Bookmark Subscribe



Related Posts :



40 komentar:

buwel on 17 Agustus 2009 03.04 mengatakan...

makasih mas sugeng infonya....mantabbb tuh langsung di pajang awardnya....hehehhehehe

a-chen on 17 Agustus 2009 03.04 mengatakan...

Hmmmmm, komentnya sama wes kek buwel ^_^

vie_three on 17 Agustus 2009 09.59 mengatakan...

waaaahhhh ini bang sugeng toh..... pangling aq.... hehehehe suwe ora ngesot2 nang blog2 iki....

hmmmm tulisan yg panjang emang kadang bikin bosen yg baca, udah gitu mata juga jadi panas kalau baca artikel yg panjang2 apalagi diriku yang sudah minus ini, yg barusan diperiksa dan ternyata minusnya bertambah... hohohohoho

selamat awardnya ya bang...

Sang Cerpenis bercerita on 17 Agustus 2009 10.05 mengatakan...

wah, yg kamu ulas bener semua. akurat, lengkap, simpel. tks ya dah majang awardnya.

♥ Neng Aia ♥ on 17 Agustus 2009 12.36 mengatakan...

ya ya... ulasannya juga akurat nih... ehehee

ivan kavalera on 17 Agustus 2009 19.24 mengatakan...

Wah selamat ya awardnya. He he award yg sama dari mbak Fanny belum sempat nih saya posting.

reni on 17 Agustus 2009 20.06 mengatakan...

Wah.., aku harus belajar banyak niy tentang teknik dan cara nulis yg benar... krn selama ini cuma asal nulis aja hehehe...
Makasih infonya ya... ?
BTW, selamat utk awardnya.. Semoga makin semangat lagi.. ^_^

suzhu BITES on 17 Agustus 2009 21.16 mengatakan...

selamat buat awardnya mas, oiya awardnya boleh diambil koq kan buat blogger Indonesia. smangat!!

suzhu BITES on 17 Agustus 2009 21.19 mengatakan...

aq pernah ikut kaidah seperti ini mas, cuman pas strict to the line kadang2 bikin kita jadi blank buat nulis. koq bisa gitu ya?

Juliawan on 17 Agustus 2009 21.53 mengatakan...

selamat bro buat awardnya heheheh salam kenal

mantan copet on 17 Agustus 2009 21.54 mengatakan...

@suzhu : trimakasih Ami atas tawaran awardnya, tapi saya ndak berani ngambil wong nama saya ndak tercantum koq.
@reni : makasih Mbak Reni akhirnya mau juga mampir ke tmpt saya.
@ivan : tapi yg saya tulis itu bukan tentang award Mas.
Yg award itu cuma sebagai selingan aja
@neng aia : makasih Neng
@fanny : makasih ya Mbak awardnya, saya suka
@vie_three : hehe... pangling yo Mbak?? Ini saya, sugeng. Makasih Neng Vitri mau mampir lagi
@a-chen : kalo gitu yo ndak usah saya bales
@buwel : info yg mana nih, tentang apa, award??

mantan copet on 17 Agustus 2009 21.56 mengatakan...

@juliawan : trimakasih, salam kenal juga dari saya

Kiat sukses membuat konten blog on 18 Agustus 2009 00.31 mengatakan...

Mantap kiat-kiatnya...nice artikel mas..

Zippy on 18 Agustus 2009 02.32 mengatakan...

Wuih, mantep ni info'x.
Tp gue kalo nulis sk di dramatisasi, wkwkwk...
Ternyata lumayan ribet yah, ada jg aturan'x bwt menulis yg benar. :D

Cebong Ipiet on 18 Agustus 2009 08.57 mengatakan...

ihihihi editan kotak komennya apik mas, serasi nan matching
yg terpenting menulis lah sesuai dg gaya sendiri, kopas menunjukkan miskin kreatifitas

vizon on 18 Agustus 2009 09.06 mengatakan...

wah... mantap banget infonya...
kayaknya tulisan-tulisan saya jauh banget dari kaidah-kaidah ini nih. mudah-mudahan saya bisa mempraktekan kaidah-kaidah ini. terima kasih sekali lho mas... :D

mocca_chi on 18 Agustus 2009 09.44 mengatakan...

oala berarti ini teknik menulis artikel toh,bukan novel atau cerita fiksi, oala... hiii

ayo yg mu jadi reporter, terapkan teknik teknik ini hiii

JHONI on 18 Agustus 2009 10.50 mengatakan...

wah lanjutannya udh ada nih.......eh!! dapat award yang keren kang!!!! selamat ya kang!!!

BrenciA KerenS on 18 Agustus 2009 11.04 mengatakan...

tips menulis yang asik.... makasih inponya... dan selamat award dari mbak fanny...

riosisemut on 18 Agustus 2009 11.10 mengatakan...

Wuaaaah... temlate barunya keren Mas, dari Cebong ya?
Infonya juga oke, pokoknya Mas Sugeng makin mantab deh...

riosisemut on 18 Agustus 2009 11.10 mengatakan...

Wuaaaah... temlate barunya keren Mas, dari Cebong ya?
Infonya juga oke, pokoknya Mas Sugeng makin mantab deh...

Seti@wan Dirgant@Ra on 18 Agustus 2009 11.32 mengatakan...

Tipsnya keren sobat,... tengkyu.

namaku wendy on 18 Agustus 2009 11.37 mengatakan...

tes tes tes tadi wis komen lom yah?!? *lupa*
kalo teknik wat nulis komen ada juga gak mas hehehe

namaku wendy on 18 Agustus 2009 11.40 mengatakan...

kalo wat nulis blog model wen pakem ini teknik menulis seperti ini bole banget gak diindahkan to huehehehe

Sang Cerpenis bercerita on 18 Agustus 2009 12.23 mengatakan...

kenapa saya bisa posting byk dalam sehari? krn idenya numpuk. kenapa ide numpuk? krn syukur puji Tuhan saya diberikan ide byk oleh Nya.

selain itu saya cinta mati sama menulis. makanya hobi posting juga di blog.he he he..itu aja resepnya.

bunda on 18 Agustus 2009 13.01 mengatakan...

infonya bernas dan menarik..siiip top markotop!!

zujoe on 18 Agustus 2009 17.11 mengatakan...

mwehehehe... manteb euy....cuma kalo aku mas, nulisnya gampang, nyari idenya itu yang susah minta ampyun...

Susy Ella on 18 Agustus 2009 20.21 mengatakan...

wuiiiihh bener2 posting yg mantap nih...

makasih loh ilmunya hehehh

BIG SUGENG on 19 Agustus 2009 07.33 mengatakan...

Saya harus ngalnjutin baca ini yaa...
jadi bisa belajar nih..
tks
maju terus ya...

Linda Belle on 19 Agustus 2009 08.06 mengatakan...

hah ini mas sugeng yg mana lg?
pastinya bkn mas big sugengkan? hehehe....
oke deh aku follow n link yak

menulis?ooh aku pingin banget tp apa daya gk ada waktu...maklum (sok) sibuk :p

Kabasaran Soultan on 19 Agustus 2009 12.36 mengatakan...

Sharingnya mantap bro.....

Selamat ntuk awardsnya.

بوويل on 19 Agustus 2009 12.54 mengatakan...

tehnik dan cara menulisnya Om....hehehehehe

joe~Rock! on 19 Agustus 2009 14.31 mengatakan...

mantap gan tips2nya!!!

keknya postinganku banyak yg harus diedit nih... hehe..
selamat juga ya buat awardnya..

oya, aku follow blogmu yaa..

Susy Ella on 19 Agustus 2009 14.37 mengatakan...

ella datang......


mmmm mantap euy infonya..makasih yaaaaa

jagoandollar on 19 Agustus 2009 19.53 mengatakan...

wah lengkap2 bro teknik nya :)

AeArc' on 19 Agustus 2009 22.10 mengatakan...

wah.. kalo aku mah gak pake teori segala..

hebat bener ntan!! (maNTAN c*****)

genial on 20 Agustus 2009 00.02 mengatakan...

'pembahasan yg melebar' sama 'kalimat yg didramatisasi secara berlebihan' tu gw banget tu kang... weww... jd berpikir ulang nii... xixixixi.. tau dee saiia napa gtu klu nulis.. gag pokus.. maacii kang tipsnya.. :thumbsup:

selameedd buat awardnya :)

KangBoed on 20 Agustus 2009 16.57 mengatakan...

Saya mengucapkan SELAMAT menjalankan PUASA RAMADHAN.. sekaligus Mohon Maaf Lahir dan Bathin jika ada kata kata maupun omongan dan pendapat yang telah menyinggung atau melukai perasaan para sahabat dan saudaraku yang kucinta dan kusayangi.. semoga bulan puasa ini menjadi momentum yang baik dalam melangkah dan menghampiriNYA.. dan menjadikan kita manusia seutuhnya meliputi lahir dan bathin.. meraih kesadaran diri manusia utuh.. meraih Fitrah Diri dalam Jiwa Jiwa yang Tenang

Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaank
I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

Sang Cerpenis bercerita on 21 Agustus 2009 22.56 mengatakan...

malam...baru bisa ol

Mike on 27 September 2009 03.31 mengatakan...

Nice Posting..
Sangat berguna untuk yang baru memulai menulis blog seperti saya..

Salam kenal ^^

Posting Komentar

[ Full Page Comment Form ]

Maaf... karena banyak SPAMMER, terpaksa saya mengaktifkan MODERASI.
Ini adalah DOFOLLOW BLOG, setiap komen yg kamu tinggalkan, akan menjadi BACKLINK buat URL yg kamu sertakan, so... tinggalkan komen yg sesuai dengan TEMA, jangan NYEPAM..!!
Gunakan Name/URL biar lebih efektif. Jangan lupa pake http:// biar ndak BROKEN LINK.
Komentar APAPUN asal sopan dan punya aturan, PASTI saya terbitkan, KECUALI yg menyertakan LINK, akan langsung saya DELETE..!!

Back to TOP

 

Be A Great Person Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template