Rabu, Agustus 12, 2009

Teknik Dan Cara Menulis (Bagian 1)

Hmmm... Cara Menulis Bagian 1 disini, maksudnya bukan dengan cara menekan huruf B-A-G-I-A-N lalu spasi angka 1, tapi yg saya maksud adalah, bahwa pada kesempatan ini saya akan memaparkan cara-cara menulis yg mudah di mengerti pembacanya dan mampu membuat pembaca merasa nyaman akan apa yg kita tulis tersebut. Nah... karena topik seperti ini memerlukan penjelasan yg panjang, maka saya akan memaparkan ini semua secara bertahap. Dan sekarang ini saya akan memulainya dengan teknik dasarnya dulu.

Buat saya menulis adalah sesuatu yg sangat menyenangkan, nggak bisa saya pungkiri itu, sebab melalui tulisan, saya dapat menyampaikan pesan-pesan yg sebelumnya hanya mampu bersembunyi di sudut-sudut gelap otak kerdil saya. Dengan menulis, saya bisa mengekspose pikiran-pikiran serta gagasan-gagasan yg mungkin saja nanti dapat saya wujudkan. Insya Alloh, amin...

Pada dasarnya, setiap blogger adalah seorang penulis sejati. Nggak ada blogger yg nggak trampil menulis. Keterampilan menulis mutlak diperlukan untuk menelorkan artikel-artikel seperti ini.

Tidak sedikit orang yg enggan menulis dengan alasan kesulitan, atau
menganggap bahwa ia nggak hobi dan nggak berbakat. Ia beranggaban bahwa menulis memerlukan bakat khusus yg nggak setiap orang bisa memilikinya, padahal semua itu salah besar. Pernah ada ungkapan begini,
"Jika ada seseorang mengatakan bahwa menulis adalah bakat, maka sang penulis pasti mengatakan bahwa faktor bakat sesungguhnya hanya berperan 10% saja bagi keterampilan menulisnya. Sedangkan 90% lainnya merupakan hasil dari latihan menulis yg dilakukan dengan tekun dan tidak mengenal lelah."

Dalam menulis, kita harus memperhatikan beberapa hal, antara lain :
a. Seorang penulis harus memiliki rasa tanggung-jawab penuh terhadap setiap kata yg ditulisnya.
b. Penulis yg sejati dan menghargai dirinya, nggak sepatutnya mencuri hasil karya orang lain dan mengklaimnya sebagai hasil karyanya sendiri.
c. Tujuan menguasai keterampilan menulis ini bukan semata-mata untuk mencari popularitas dan pujian dari segelintir orang.
d. Bahasa yg digunakan dalam menulis adalah bahasa yg jelas, ringkas, mudah dimengerti oleh pembaca dan fokus pada topiknya.
e. Jangan berusaha menulis untuk memikirkan hasil yg terbaik pada tulisan yg pertama, karena tujuan utama kita menulis adalah untuk menuangkan gagasan dan pendapat tanpa harus merasa terbebani oleh kesalahan-kesalahan yg mungkin saja akan terjadi selama proses penulisan.

Seorang penulis pasti memiliki tujuan dalam setiap apa yg ditulisnya, dan tujuan itu bisa bermacam-macam. Kalo pendapat saya pribadi, tujuan dari menulis adalah membuat inovasi baru, melengkapi sesuatu yg masih kurang, menjelaskan sesuatu yg rumit, meringkas sesuatu yg panjang tanpa mengurangi makna intinya, menghimpun sesuatu yg berserakan, dan mengoreksi
kesalahan-kesalahan yg sering kita lakukan sendiri. Sedangkan menulis artikel bertujuan untuk memaparkan kebajikan, memperingatkan adanya kejahatan, mengingatkan orang yg lupa, mengambil kasus-kasus dimasyarakat, memperkenalkan para guru besar, ulama, orang ternama, dll.

Maka dari itulah, menulis harus berdasar pada kaidah-kaidah tertentu sehingga tulisan akan tampil dalam format yg efektif. Apa saja kaidah-kaidah tersebut?
Tunggu aja postingan saya berikutnya.#Share/Save/Bookmark Subscribe



Related Posts :



28 komentar:

BIG SUGENG on 12 Agustus 2009 18.06 mengatakan...

Wah kiat-kiatnya bagus, sederhana dan dapat diaplikasikan. Kalau saya sih yang penting nulis, soal kualitas itu no 2, yang penting gagasan kita tersampaikan. Perlu juga membaca biar tambah wawasan. Makasih ya Boss pencerahannya

YolizZ on 12 Agustus 2009 18.46 mengatakan...

aku jg sebenernya masih ga pede sama tulisan-tulisanku,, tp sekarang sih aku nulis cm karna aku suka aja.. jd enjoy-enjoy ajalah ngerjainnya..

Anazkia on 12 Agustus 2009 20.53 mengatakan...

Weh, mas Sugeng keren eui... hebat mantab tips n triksnya...

diorockout on 12 Agustus 2009 21.35 mengatakan...

nice, bisa dijadikan bahan :)

Tukang komen on 12 Agustus 2009 21.56 mengatakan...

seuteujeu maas soegeng...... ketrampilan menulis merupakan sebuah ketrampilan yang terasah karena pengalaman, bakat hanya berperan sedikit saja.

Ivan@mobii on 12 Agustus 2009 22.14 mengatakan...

Wieh wieh, jago nieh ksh tips yah! Mantep bgt.

mantan copet on 12 Agustus 2009 22.55 mengatakan...

@mas Ivan : trimakasih pujiannya Mas
@tukang komen : Aliamdulillah ada yg mendukung saya, makasih Kang.
@diorockout : monggo silahkan Mas
@anazkia : maturnuwun Mbak Anaz
@yollisz : wis pokok-e nulas nulis aja Mbak
@big sugeng : betul sekali Pak, yg penting nulis, soal kwalitas nomer sekianlah

exort on 12 Agustus 2009 23.14 mengatakan...

mmm...boleh minta penilian anda terhadap tulisan-tulisan saya (khususnya katagori fiksi)?.....hehehe...mau promosi blog jg sih...:)

Itik Bali on 13 Agustus 2009 05.47 mengatakan...

Wah mas, nice posting
menyenangkan dan membuat kita jadi sadar, apa sih tujuan menulis dan ngeblog itu
thanks buat sharingnya ya..

Newsoul on 13 Agustus 2009 08.53 mengatakan...

Siip markusip. Terimakasih sudah mampir tadi.

Susy Ella on 13 Agustus 2009 12.38 mengatakan...

nice posting...keren ^_^

JHONI on 13 Agustus 2009 12.50 mengatakan...

wah ini dia yg saya perlukan karena saya bukan penulis yg baik...kadang binung dengan apa yang saya tulis sendiri hehehehe....

bayunature on 13 Agustus 2009 14.25 mengatakan...

nulis itu susah-susah gampang ya? kalau gw tergantung mood.. ditunggu kelanjutannya..

cebong ipiet on 13 Agustus 2009 15.41 mengatakan...

hehehhehe maaf mas, uda lama ndak nengokin blog itu, hampir dua minggu begh.jadinya baru hari ini baca komen nya mas sugeng xixixiix weleh lah sudah bisa gini loh.silahkan itu diganti link2nya gapapa mas, yg penting yg bawah ya jangan sebagai identitas ini siapa yg bikin gitu,maaf mas terlambat mbales nya

mantan copet on 13 Agustus 2009 18.39 mengatakan...

@cebong ipiet : ndak popo Mbak, saya maklum koq, kan sampeyan repot bngt.
@bayunature : trimakasih Mas, ditunggu aja 2 hari lagi
@jhonny : alhamdulillah kalo postingan ini bermanfaat
@ella : makasih Mbak ella mau mampir
@new soul : sip markusip kuwi opo to Mbak?
@itik bali : ya begitulah maksud saya Mbak Ayu
@exort : baik, nanti saya ke tmpt kamu.

Tisti Rabbani on 13 Agustus 2009 19.50 mengatakan...

wah, artikel yg menarik...
so, keep writing.
bagiku menulis adalah pembebasan jiwa...

salam kenal
trims sdh mampir di rumahku..

a-chen on 13 Agustus 2009 20.43 mengatakan...

Saya lagi belajar menulis neh, makasih tipsnya....

buwel on 13 Agustus 2009 20.44 mengatakan...

woooowww templet barunya keren mas sugeng....siiiiippp, tipsnya juga kerennnnn...setuju tuh ama yang di tulis itu harus di prtanggung jawab kan....hehehehe

yanuar catur rastafara on 14 Agustus 2009 01.26 mengatakan...

semoga tulisan saya semakin teratur setelah membaca tekni disini
hehehehe

zujoe on 14 Agustus 2009 08.49 mengatakan...

lam kenal juga mas...... hmmm... perlu belajar nih aku...

mocca_chi on 14 Agustus 2009 09.31 mengatakan...

dulu pernah aku mengalami sindrom menulis, apa apa terlupakan saat sedang seru menulis, semua masalah lupa, bahkan sekeliling juga lupa, lupa sama kerjaan. dan sekarang. hmmm.... hii... ga jadi deh

salam kenal juga ^ ^ *ngikut orang di atass

mocca_chi on 14 Agustus 2009 09.33 mengatakan...

eh ini bang mantan copet ya??/ kok avatarnya sama. binunnn

suzhu BITES on 14 Agustus 2009 13.19 mengatakan...

hehehe..thank infonya. aq juga masih sering gag jelas tujuan klo nulis tapi klo ikut kaidah jadi lebih gag keluar ide, gimana tuw?

Henny Y.Caprestya on 14 Agustus 2009 13.33 mengatakan...

tips dan trik yang menarik untuk henny yang baru mau belajar menulis cerita di blog. makasih ya..salam kenal juga ^^

ivan kavalera on 14 Agustus 2009 13.38 mengatakan...

Terimakasih dg tulisan bermanfaatnya ya bro. Saya jadi pengen lebih banyak belajar dari anda. Saya tunggu lho postingan lanjutannya.

PRof on 14 Agustus 2009 17.37 mengatakan...

Menulis adalah menuangkan apa yang dirasa, apa yang terlintas dalam otak sehinggan tidak hilang begitu saja, lenyap tanpa art dan guna. HAsil adalah urusan belakangan, tanggapan orang adalah bonusnya, yang penting M E N U L I S lah.......

* Mencuri segelintir waktu yang tersisa untuk mengunjungi mas sugeng.....

mantan copet on 14 Agustus 2009 20.16 mengatakan...

@prof : terimakasi ata segelintir waktunya Prof
@ivan kavalera : saya juga ngucapkan trimakasih atas kedatangannya Mas Ivan
@henny : saya juga sedang belajar koq Mbak
@suzhu : betul sekali Mbak, makanya ditunggu saja postingan saya berikutnya
@mocca_chi : sudah saya jawab di postingan baruku Mbak
@zujoe : saya juga sedang belajar koq Mas
@yanuar : amin Mas Yanuar
@buwel : trimakasih atas pujiannya Mas Buwel. Ini template dari Mbak Cebong koq
@a-chen : sama-sama Mas A-chen
@tisti : salam kenal juga Mbak Tisti

Sang Cerpenis bercerita on 15 Agustus 2009 13.21 mengatakan...

ok deh. tks kiat2nya ya

Posting Komentar

[ Full Page Comment Form ]

Maaf... karena banyak SPAMMER, terpaksa saya mengaktifkan MODERASI.
Ini adalah DOFOLLOW BLOG, setiap komen yg kamu tinggalkan, akan menjadi BACKLINK buat URL yg kamu sertakan, so... tinggalkan komen yg sesuai dengan TEMA, jangan NYEPAM..!!
Gunakan Name/URL biar lebih efektif. Jangan lupa pake http:// biar ndak BROKEN LINK.
Komentar APAPUN asal sopan dan punya aturan, PASTI saya terbitkan, KECUALI yg menyertakan LINK, akan langsung saya DELETE..!!

Back to TOP

 

Be A Great Person Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template