Selasa, Februari 09, 2010

Blajar Boso Jowo yuk.... (kata mutiara 02)

Sahabatku semuanya, setelah kemarin kita mempelajari kata mutiara bahasa Jawa bagian I, maka sekarang saatnya kita lanjutkan dengan mempelajari kata mutiara berikutnya.

Seperti pada postingan sebelumnya, untuk kali ini saya akan menuliskan kata-kata bijak yg juga masih ada hubungannya dengan pencarian jati diri manusia atau memayu hayuning pribadi.

Baiklah mari kita lanjutkan saja blajar boso Jowo kita kali ini. Simak baik-baik kalimat berikut ya :

"Sabar iku ingaran mustikaning laku, jumbuh karo unine bebasan, "sabar iku kuncining swarga," ateges marganing kamulyan.
Sabar iku lire momot kuwat nandhang sakehing coba lan pandhadharaning ngaurip, nanging ora ateges gampang pepes kentekan pengarep-arep. Suwalike malah kebak pengarep-arep lan kuwawa nampani apa bae kang gumelar ing salumahe jagad iki."


Silakan buka Spoiler ini untuk melihat penjelasannya,
sabar iku ingaran mustikaning laku ----> bertingkah laku dengan mengedepankan kesabaran itu ibaratkan sebuah hal yg sangat indah dalam sebuah kehidupan

jumbuh karo unine bebasan, "sabar iku kuncining swarga," ateges marganing kamulyan ----> sama seperti bunyi sebuah peribahasa, berlaku sabar itu adalah "jalan utama" untuk mendapatkan "surga"
yg dimaksud disini adalah ketentraman dan kedamaian dalam menjalani kehidupan

sabar iku lire momot kuwat nandhang sakehing coba lan pandhadharaning ngaurip ----> sabar itu merupakan sebuah kemampuan untuk menahan segala macam godaan dalam hidup, yg tentunya nanti bisa untuk mendewasakan diri kita masing-masing

nanging ora ateges gampang pepes kentekan pengarep-arep ----> akan tetapi bukan berarti lalu kita gampang kehilangan pengharapan

suwalike malah kebak pengarep-arep lan kuwawa nampani apa bae kang gumelar ing salumahe jagad iki ---> justru sebaliknya kita harus menjalaninya dengan penuh pengharapan dan seolah-olah mampu untuk mendapatakan apa saja yg ada di dunia ini.
Tentunya dengan disertai rasa mawas diri dan kepasrahan


Nah... sahabatku semua, demikian tadi sedikit pembahasan mengenai kata-kata bijak dalam versi bahasa Jawa kita kali ini, yg intinya mengajak kita semua untuk lebih mengedepankan kesabaran dalam menjalani hidup ini.

Dan untuk kata-kata yg lain silakan tunggu nanti di postingan berikutnya ya...

Monggo... kersane luwih njawani, engkang saget boso Jowo, kulo aturi komentar ngagem boso Jowo kemawon...Share/Save/Bookmark Subscribe



Related Posts :



82 komentar:

berita untuk negri on 9 Februari 2010 13.35 mengatakan...

aduh,,saya ga ngerti,,

Seti@wan Dirgant@Ra on 9 Februari 2010 13.40 mengatakan...

mengamankan yang kedua dulu

Seti@wan Dirgant@Ra on 9 Februari 2010 13.42 mengatakan...

Sambil menyelam minum air,...
belajar bahasa jawa sambil membaca mutiara pencerahan.
mantap banget Kang.
Makasih banyak.

jhoni on 9 Februari 2010 13.48 mengatakan...

wah nasehat untk kita semua nih agar tetap bisa mawas diri dan selalu berusaha!!!!!

untung ada penjelasannya hehehehehe!!!!

Ayas Tasli Wiguna on 9 Februari 2010 14.36 mengatakan...

haturnuhun kang ;D
btw aku da awod untukmu, diambil y:
http://ayastasliwiguna.blogspot.com/2010/02/bb-ngurut-hp.html

narti on 9 Februari 2010 14.44 mengatakan...

salut dengan postingannya...
sudah mulai lupa nih...

Zippy on 9 Februari 2010 14.46 mengatakan...

Wah...si akang kembali posting berbau bahasa jawa, hehehe...
Unik2...
Cuma sampai sekarang bahsa jawa saya masih acak adut :D

sda on 9 Februari 2010 14.46 mengatakan...

penuh makna...
banyak kata yg kurang ngerti artinya, untung ada terjemahannya.

Dunia Hape on 9 Februari 2010 14.47 mengatakan...

Wah..bagus juga ya maknanya...
Tapi itu bahasa jawanya susah amat mas dihapal T.T

nuansa pena on 9 Februari 2010 15.06 mengatakan...

orang jawa kalau menulis tidak asal tulis, pasti ada makna yang dalam, seperti ini mengenai kesabaran! trims pencerahan bahasa jawanya!

Yolizz on 9 Februari 2010 15.08 mengatakan...

lha kang yang terakhir itu opo toh artinya?? btw,, aku bisa kursus boso jowo gratis di sini yaahh?? horeee...!! hohohoho... :p

marsudiyanto on 9 Februari 2010 16.22 mengatakan...

Melu Sinau Basa Jawa...

Kristanto WDS on 9 Februari 2010 16.39 mengatakan...

Hahahaa.... lama juga gak belajar bahasa jawa..., jadi inget dulu pas jaman EsDe bingung ngerjain PR bahasa jawa....

7 taman langit on 9 Februari 2010 17.19 mengatakan...

salam sejahtera
terima kasih penjelasannya Kang Sugeng
saya sudah berusaha untuk memperbaiki blog demi Kang Sugeng

Septian on 9 Februari 2010 17.36 mengatakan...

hahaha... unik bgt nih blog? laen dr yg laen!!

gud..gud...

the others.... on 9 Februari 2010 17.53 mengatakan...

Sugeng dalu Kang..., kula nderek sinau nggih ? Kepareng mboten ?

catatan kecilku on 9 Februari 2010 18.12 mengatakan...

Kang.., dipunlajengaken kemawon mucalipun Boso Jawi... kersanipun kangge nguri-uri Boso Jawi.

KucingTengil on 9 Februari 2010 19.37 mengatakan...

nyooooooo.... nyimak dulu deh

Neng Rara on 9 Februari 2010 20.28 mengatakan...

assalamualaikum..
halo kang sugeng? sehat?
ikut ah belajar boso jowo nya
salam

Aditya's Blogsphere on 9 Februari 2010 20.34 mengatakan...

kang sugeng...asalipun saking daerah pundi?mbok menawi celak kaliyan magetan, kerso'o mampir wonten gubuk kawulo.....dalem saget mastani menawi panjenengan remen kaliyan budaya jawi......sukses kagem njenengan kang........

angger prasetyo on 9 Februari 2010 20.40 mengatakan...

sae tenan kang maknane,kulo nunut sinau wonten mriki nggeh kang??mugi kang sugeng purun ngajari aku boso jawa

Laksamana Embun on 9 Februari 2010 21.34 mengatakan...

saya kurang mengerti mas, apakah Mbah google ada kamusnya ya? hah :)

anyin on 9 Februari 2010 21.44 mengatakan...

aku gak usah belajar lagi kan kang hehe

waroeng coffee on 9 Februari 2010 22.13 mengatakan...

kita memang harus belajar bersabar ya, walau suliiiit banget tapi harus :) tq dah share :)

buwel on 9 Februari 2010 22.34 mengatakan...

wah, suka neh dengan artikel ini.... moga boso jowo bisa terus lestari ya kang, kesabaran memang terpuji...
hmmmm, srikoneng itu hanya pengibaratan nama cewek ajah kang... :-)
nah yang lainnya itu nama cowok(lakadiro dll)

a-chen on 9 Februari 2010 22.36 mengatakan...

sabar iku lire momot kuwat nandhang sakehing coba lan pandhadharaning ngaurip ----> sabar itu merupakan sebuah kemampuan untuk menahan segala macam godaan dalam hidup, yg tentunya nanti bisa untuk mendewasakan diri kita masing-masing

Bener neh setuju: semakin dewasa tentu kesabarannya luar biasa, salah satunya dalam mengendalikan amarah ya...

Sekar Lawu on 9 Februari 2010 22.36 mengatakan...

kang sugeng,
kok ya mbeneri, panjenengan posting tentang bahasa jawa, dan hari ini saya sedang belajar membuat geguritan....
ternyata super duper angel bikin geguritan itu, kendati bahasa jawa adalah bahasa ibu....ternyata oh ternyata...

SeNjA on 9 Februari 2010 22.43 mengatakan...

untung ada terjemahannya kalo gak saya gak bakal ngerti artinya yg bgs ini ^^

selamat malam kang ^^

ocy on 9 Februari 2010 23.21 mengatakan...

waduh,,jawanya jawa alus bgt tu,,
ra ngerti aku,,

eh,,salam kenal

dinoe on 9 Februari 2010 23.22 mengatakan...

makasih kang telah berbagi ilmu pengetahuan dan budaya...pelan-pelan akansaya coba pelajari dan ambil hikmahnya........

Rock on 10 Februari 2010 03.18 mengatakan...

Keren kang... hahaha...

Ivan@mobii on 10 Februari 2010 05.51 mengatakan...

Bahasa Jawa = #nangisdarah #nelentabungelpiji

Clara on 10 Februari 2010 06.07 mengatakan...

untung ada artinya, kalo ga aku kleyengan bacanya
nggak ngerti sama sekali hihihi...

btw kata-kata bijaknya bagus, makasih ya ^^

Sang Cerpenis bercerita on 10 Februari 2010 08.37 mengatakan...

he he he..makasih pak guyu

septirani on 10 Februari 2010 10.33 mengatakan...

mau donk diajarin bahasa jawa..kebetulan aku tertarik dengan satra jawa.. :)

Dhe on 10 Februari 2010 11.18 mengatakan...

Glek.. Walau bs baca dengan mudah, tp pengucapannya dhe ttp blibet kang, wikikiki.. lidah dhe sampe keplintir ne. ayoo tanggung jawab. hehehe

attayaya on 10 Februari 2010 12.36 mengatakan...

sangat bijak
sangat indah
begitu hasil pemikiran orang yang arif jaman dulu
berlaku sampai sekarang

-Gek- on 10 Februari 2010 13.28 mengatakan...

Uwahhh.. sabar.
Di satu sisi saya tau, saya sabar, di sisi lain...
I'm a very impatience person! Musti belajar kesabaran lagi.. :)

Septian on 10 Februari 2010 14.06 mengatakan...

yah.. walaupun nggak terlalu ngerti, tapi maknanya manteb lah... hohoho

Newsoul on 10 Februari 2010 14.49 mengatakan...

Kata muatiara yang mantap, meski saya gak begitu paham artinya. Itung-itung belajar. Saya taunya cuma Ojo Dumeh, kang.

ajeng on 10 Februari 2010 16.04 mengatakan...

Wah, mergunani sanget menika mas. Nguri-uri kabudayan jawi..

mocca_chi on 10 Februari 2010 17.38 mengatakan...

aku suka yg ini

"nanging ora ateges gampang pepes kentekan pengarep-arep ----> akan tetapi bukan berarti lalu kita gampang kehilangan pengharapan"

selalu ada harapan selagi bsa mencoba, tpi klo uda berkali kali nyoba tetep masih ngarep berarti anda dudud *ngetawai diri ndiriii

restry on 10 Februari 2010 19.25 mengatakan...

matur nuwun sanget kang kula dipunwenehi ngertos :D

03agoenk on 10 Februari 2010 20.30 mengatakan...

Wah saya kurang ngerti bahasa jawa, coz saya orang bali.....

Tapi bagus untuk kata mutiara menggunakan bahasa jawa....

trims.....

blog sederhana on 10 Februari 2010 20.56 mengatakan...

sae mas sugeng,,,
postinganipun sae sanget,, kangge ngembangaken basa jawi wonten donya blogger.

Fauzan on 10 Februari 2010 22.32 mengatakan...

Nggak dong e mas e... hehe

Pohonku Sepi Sendiri on 11 Februari 2010 01.11 mengatakan...

wah semakin mantabh aja neh pelajaran boso jowonya kang..
oh iya kang, ada tag utk kang sugeng di tempatku.. sekiranya berkenan utk mengambil & mengerjakannya.. hehe.. :)

Saung Web on 11 Februari 2010 01.16 mengatakan...

Wah mengandung falsafah yang adi luhung.. kang.... btw kang minta tolong nih.. dah seminggu tak oprek template.. belum ketemu juga.. utk related post blog aku ini .. kalau pakai opera n chrome gak mau tampil.. tapi kalau pakai mozilla n IE mau tampil.. nape yah kira2

Dofollow Blog Community on 11 Februari 2010 01.18 mengatakan...

Wows kayaknya keren tuh bahasa.. sarat dengan falsafah kehidupan ya..

WULAN NASHVA KINAURA on 11 Februari 2010 12.58 mengatakan...

Ingkang dawuhe njenengan.... kulo mampir teng mriki sakelebat. Duh gusti, sing mboten sumerep nggih monggo saged belajar teng kulo.

munir ardi on 11 Februari 2010 15.18 mengatakan...

Yèn kowé kêpênêr lagi srêngên lan nêsu, prayogané wóng síng kók nêsóni lan kók srêngêni mau kóngkónên énggal sumingkír.

Utåwå kowé dhéwé sumingkirå sauntårå, aja têtêmónan karo wóng liya.

Sabanjuré mênêngå lan étúng-étúngå kanthi sarèh wiwít siji têkan sêpulúh.

Klawan mêngkono atimu bakal bisa nimbang-nimbang åpå nêsu lan srêngênmu marang wóng mau bênêr, åpå malah dudu kowé dhéwé síng lupút.

munir ardi on 11 Februari 2010 15.20 mengatakan...

Kata-kata mutiara bahasa jawa yang begitu indah bagaikan mutiara peninggalan leluhur yang tidak ternilai harganya, semakin menambah keinginan untuk belajar bahasa jawa

Aditya's Blogsphere on 11 Februari 2010 15.44 mengatakan...

kok kang sugeng dereng ngupdate blog maleh to?

Arfi on 11 Februari 2010 17.06 mengatakan...

walah walah walah... mosok boso jowo wae gak ngerti mas???? yo kudu iso lah... lha aku asli wong jowo.. hehehe... sa'niki kulo tasik latihan boso jawi krama mas...

wisata bromo on 11 Februari 2010 19.18 mengatakan...

nggih pak..
sampun leres..

Anggi Zahriyan on 11 Februari 2010 21.03 mengatakan...

Seperti biasa, kata2 bijak bahasa jowone manteb2.

fai_cong on 11 Februari 2010 21.25 mengatakan...

saya orang jowo, tapi pepes disitu aku kok ga tau artinya yah..?
yang saya tau pepes ikan, pepes tempe, dll..
xixixi...
lam kenal... :D

PRof on 11 Februari 2010 21.28 mengatakan...

Matur sembah nuwun kang, sampun dielingke, nglampahi urip kedah sabar, supados angsal katentremaning jiwo....

FaiS on 11 Februari 2010 23.45 mengatakan...

aku jadi_in status d FB ya...
keren ni...

Link Tea on 12 Februari 2010 00.00 mengatakan...

Haha.. coba didunia ini cuman ada satu bahasa ya.. asyik kali semua podo ngerti.. hehe.. ohya dah update kok kang

Pak Ugeng on 12 Februari 2010 11.52 mengatakan...

Seratan panjenengan hueebat. Seratan ingkang dipun cap kandel sampun leres.
Kangge krama limrahipun:
negara = negari
jawa = jawi
agama = agami.
sasama = sesami.
tangga = tanggi.
swarga = swargi.

Abi Sabila on 12 Februari 2010 16.08 mengatakan...

meski tulen dari jawa, tapi masih saja baca terjemahannya, dan terbukti lebih paham setelah baca terjemahannya. Jadi merasa 'tertantang' untuk menghidupkan bahasa ngapak di blog. hehehehe....amargi Kebumen is ngapak!

agoenk70 on 12 Februari 2010 20.31 mengatakan...

wuahhh belajar bahasa jawa sambil meresapi betapa bijaknya kata-katanya.. manteppp neh....

maiank on 12 Februari 2010 21.12 mengatakan...

baiklaaaah...aku akan belajar...

soalnya susah pisaaan...jadi anak tengah
pujakesuma
putri jawa kelahiran sumatra
jadi setengah-setengah...
bahasa sumatra ga terlalu paham...
jawa pun ga terlalu fasih...

postingannya berguna ni kang buat anak kaya aku ini...hihihi


aku follow ya...

Anonim mengatakan...

matur suwub sanget posting ipun, saget maos pituture panjenengan engkan saget nresep dateng amanah kulo

Travel Jakarta Bandung on 6 Agustus 2010 01.27 mengatakan...

makasih, dah lama aku nggak belajar bhs jawa

aliman mengatakan...

thanks bro, gw bisa godain cwek jowo

Oto Techno on 7 Oktober 2010 15.56 mengatakan...

wih kang,mbok yo d tmbhi neh to,seng okeh ngnno loeh

Anonim mengatakan...

wah mantap.. bisa tuk motivasi diri juga nich..

ukara jawa on 28 November 2010 00.46 mengatakan...

wah nasehat untk kita semua nih agar tetap bisa mawas diri dan selalu berusaha!!!!!

ukara jawa on 28 November 2010 00.48 mengatakan...

langkung sae menawi dipun tambahi refernsinipun, kapethik utawi kapendhet saking kitab punopo...
utawi karangan panjenengan piyambak kangmas...
Ndherek bingah, suwun...

yeah mengatakan...

mantap :D

Agus mufc on 17 Desember 2010 13.31 mengatakan...

Ijin nyedot gan,,

Buat sinau boso jawi..

mixziplix mengatakan...

alhamdulillah kang.... tibane taksih wonten kang nguri uri kabudayan kang luhur menika....

Purwanto on 17 Januari 2011 23.49 mengatakan...

Nguri-uri budoyo bongso akeh sing iso dilaksanakake, contone yo koyo sing diaturke kuwi sinau boso jowo, weh........... melu nyengkuyung mungguh kwentare boso jowo ing bumi nuswantoro iki, monggo dilanjut...

kata mutiara cinta on 18 Maret 2011 14.39 mengatakan...

Matap banget kata2 mutiaranya sob. Tambahan disini untuk kata mutiara bahasa Inggris.

al mansur rover scout on 13 Juni 2011 06.18 mengatakan...

wah,,, kaleresan sanget kawulo nembe pados rencang ingkang saged dipun ajak anggelar bahasa jawi ingkang sak wekdal meniko sampun disisihno kalehan masyarakt jawinipun piyambak...
kwlo dkung usahanipun sampeyan...

Puby_karmatoli on 1 Juli 2011 23.01 mengatakan...

liyane kui eneng ora, aku golekki tentang perjuangan Hidup karo Sosial. yen eneng di posting yow gan

batonsafarikukuh on 9 Juli 2011 22.39 mengatakan...

numpang copas ya...

bagus juga

Kang Uky on 17 Agustus 2011 12.14 mengatakan...

Sesungguhnya Allah beserta dengan orang2 yang sabar..
Terimakasih atas wejangannya, sangat berguna sekali tarutama disertai dengan penjelasanya itu.
Terimakasih Kang Sugeng ^_^

Ahmad Yanwar Nabawi on 22 Agustus 2011 19.11 mengatakan...

Elingo marang sepodo-podo..

Dadi wong kuwi kudu iso tepo seliro..

Nek sampean takon aku iku sopo.. mongko tak jawab yen aku iki mung bocah ndeso..

Ayo ngguyu..

Putune Khamid on 28 September 2011 10.41 mengatakan...

Ndherek pangapunten... Situs menika pinaringan nami Blajar Boso Jowo, ateges, papan damel sinau basa. Sinau basa niku mboten saget uwal saking seratan. Ateges seratan kedah leres, trep kaliyan tata aturanipun. Amargi salah seratan saget ngowah-ngowahi tegese utawi surasane tembung (kata). Tuladhane, soto (panganan) kaliyan sata (mbako). Maksud kula, kedahipun Blajar Boso Jowo seratane Blajar Basa Jawa. Menawi ngagem 'o' maose kados maos soto (panganan), benten kaliyan 'a', maose kados maos sata (mbako).

Posting Komentar

[ Full Page Comment Form ]

Maaf... karena banyak SPAMMER, terpaksa saya mengaktifkan MODERASI.
Ini adalah DOFOLLOW BLOG, setiap komen yg kamu tinggalkan, akan menjadi BACKLINK buat URL yg kamu sertakan, so... tinggalkan komen yg sesuai dengan TEMA, jangan NYEPAM..!!
Gunakan Name/URL biar lebih efektif. Jangan lupa pake http:// biar ndak BROKEN LINK.
Komentar APAPUN asal sopan dan punya aturan, PASTI saya terbitkan, KECUALI yg menyertakan LINK, akan langsung saya DELETE..!!

Back to TOP

 

Be A Great Person Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template