Kamis, April 22, 2010

Pelajaran Hidup Di Balik Sebuah Penyesalan

Sahabatku semua... hidup ini layaknya kita berdiri dalam sebuah kubus kecil yg berada di tengah kubus yg lain yg lebih besar, yg mana kubus tersebut juga berada di tengah-tengah kubus lainnya yg lebih besar lagi dan semakin lebih besar lagi, demikian seterusnya hingga kubus-kubus tersebut membentuk suatu jenjang bertingkat yg harus kita daki satu demi satu, agar kita mampu berada pada satu tingkat yg lebih tinggi dari sebelumnya. Kita harus mampu mendakinya setingkat demi setingkat dengan penuh asa dan harapan. Jangan pernah pedulikan rasa malas dan berat hati yg seolah membebani langkah kita dalam mencapai puncak tingkatan yg paling tinggi.

Yup... sebelum kita lanjutkan membahas tentang topik ini, ijinkanlah saya untuk terlebih dahulu memajang award keren yg saya dapat dari Mbak Reni berikut ini.
Keren kan awardnya? Terimakasih Mbak sudah mau berbagi.
hmmmm... persahabatan memang indah.

Baiklah....
waktu yg berlalu... terasa begitu cepat. Sepertinya baru kemarin saya berusia kanak-kanak, sedang bersepeda ria di sekitar halaman rumah. Hingga akhirnya, ketika menginjak usia 20 tahun, saya memutuskan untuk menjalin sebuah hubungan. Saya berniat untuk menikah (meski pada kenyataannya baru 4 tahun kemudian terealisasi), dan waktu itu saya juga memutuskan untuk berhenti sekolah. Semua karena terkendala oleh biaya. Saya pikir, bukankah akan lebih menjamin kalau uangnya saya pakai untuk berbisnis saja daripada untuk biaya kuliah yg begitu mahal. Saya pikir dengan sedikit tambahan modal uang hasil pinjaman, saya akan berhasil menjadi pengusaha mandiri ketika saya menginjak usia 30 tahunan. Atau setidak-tidaknya usia 35 tahun lah. Namun apa realitanya? segala sesuatu ternyata tidak berjalan mulus seperti rencana. Semua bergerak di luar batas kendali. Saya telah gagal. Hanya penyesalan yg saya rasa dan yg masih tersisa saat ini.

Tapi...
setelah saya kaji lebih dalam lagi, akhirnya saya pun bisa menemukan satu pelajaran hidup yg begitu luar biasa yg intinya, janganlah kita terburu-buru dalam menentukan sebuah keputusan. Cermati dulu semua dalam-dalam. Amati prospek ke depannya. Lihat kembali semuanya dari segala sudut pandang. Apa yg ada pada sisi positifnya dan apa juga yg ada pada sisi sebaliknya. Dan inilah yg dapat saya simpulkan saat ini. Saat dimana saya sudah mulai beranjak tua.

Mungkin memang harus ada beberapa hal yg sebaiknya saya tekankan pada diri saya waktu itu, ketika sedang berusia 20 tahunan. Apa itu??

- Selesaikan dulu pendidikan..!
Jangan pernah berhenti. Mungkin ada rasa bosan, tapi jangan sampai kita berada pada situasi dimana kita sangat tidak nyaman dengan pekerjaan kita sekarang, tapi kita juga tidak dapat berhenti melakoninya.
Menyelesaikan gelar sarjana akan membukakan kita pintu terhadap lebih banyak kesempatan.

- Uang tidak akan membusuk, simpanlah..!
Mulailah berinvestasi sejak dini. Hitung lagi, berapa banyak barang yg kita miliki untuk menunjukkan jumlah uang yg kita habiskan semasa sekolah dan kuliah? Coba jika dulu kita investasikan separuhnya saja, pasti kita akan memiliki banyak pada masa kita tua. Berinvestasilah sejak dini.

- Jangan menempati rumah pertama yg kita lihat tapi tempatilah rumah yg paling sederhana dengan lingkungan yg paling baik..!

- Bangunlah sebuah kebiasaan untuk hidup sesuai anggaran..!
Hal penting yg harus kita ingat adalah, hidup sesuai anggaran tidak akan memenjarakan atau membatasi kita, tapi itu justru untuk memastikan kebebasan kita suatu saat nanti.

- Belajarlah untuk bernegosiasi dalam segala hal..!
Belajar negosiasi akan menyelamatkan anggaran kita dalam jumlah besar. Selalu siap untuk belajar dan keluar dari situasi dan kondisi apapun.

- Waktu berkualitas di kantor memang penting, namun jumlah waktu kita di rumah lah yg lebih penting..!
Bos kita tidak akan pernah peduli dengan keluarga kita. Tapi keluarga akan tetap ada setelah kita lama meninggalkan pekerjaan kita. Jadi sebaiknya utamakan keluarga.

- Jangan dengarkan mereka yg mengatakan bahwa ada jalan singkat menuju kesuksesan..!
Kesuksesan tercipta karena kita berhasil menawarkan sesuatu yg menarik dan bernilai kepada mereka yg memintanya. Pelajaran penting disini adalah, cari tahulah permintaan yg belum dipenuhi dan pelajari bagaimana cara untuk memenuhinya.

- Pastikan pasangaan kita memiliki nilai yg sama dengan diri kita..!
Hal yang satu ini dapat menjadi penentu kebahagiaan kita. Bicarakanlah dengan pasangan, nilai yg penting pada kehidupan kita yg harus diajarkan kepada anak-anak, walaupun kita tidak berencana untuk memilikinya.

- Belajarlah membangun jaringan..!
Belajarlah untuk terus berhubungan dengan teman lama. Belajarlah untuk meminta pertolongan tanpa terlihat sedang melakukannya. Lihatlah bagaimana orang lain membangun jaringan. Ingat... yg penting adalah bukan apa yg kita ketahui, tetapi apa yg dapat kita lakukan dengan apa yg sudah kita ketahui itu. Dan yg lebih penting lagi, bukan siapa yg kita kenal, melainkan siapa saja yg telah mengenal kita. Ingat itu..! Belajarlah untuk membangun jaringan tanpa mengharapkan imbalan.

- Never accept a job just because the pay is higher..!
Jangan pernah menerima sebuah pekerjaan hanya karena ia memiliki bayaran yg lebih tinggi. Hidup ini bukan hanya tentang uang, uang, uang dan uang.

- Percaya tapi juga pastikan..!
Kita dapat percaya dengan apa yg diajarkan, kita dapat percaya dengan apa yg kita dengar dan kita dapat dengan mudah percaya pada apa yg kita baca sewaktu kecil. Tapi sekarang kita harus terus melakukan pengecekan terhadap referensi-referensi yg mungkin kita terima. Tanyakan dulu beberapa pertanyaan, dengar jawabannya baik-baik dan cari tahu juga apa jawabannya itu benar. Janganlah menjadi seorang yg gampang menerima, tapi pastikan dulu segala sesuatunya. Dalam artian, pastikan kita sadar bahwa kita sedang berurusan dengan siapa dan apa pula motivasinya.

Silakan dipelajari..! Mungkin ada satu atau dua kalimat yg dapat kalian terapkan.
Semoga kesuksesan menyertai Anda..! Keep spirit and Be A Great PersonShare/Save/Bookmark Subscribe



Related Posts :



55 komentar:

narti on 23 April 2010 00.07 mengatakan...

bukan siapa yg kita kenal, melainkan siapa saja yg telah mengenal kita.
dalem banget artikelnya, simak baik2 nih...semoga bisa mengamalkannya.
hidup memang tidak mudah, tapi jangan dipermudah.

sda on 23 April 2010 00.08 mengatakan...

makasih artikelnya yg dibahas secara panjang lebar, buat bekal hidup ini.
semoga tidak salah langkah kedepannya nanti.

Anazkia on 23 April 2010 00.15 mengatakan...

MAs Sugeng keren, udah layak jadi pakar motivasi... :) makasih sharenya, mas

inge / cyber dreamer on 23 April 2010 01.13 mengatakan...

thx 4 share...
menarik unk tak hanya sekedar dipelajari tetapi jg diterapkan ^^

Hdsence on 23 April 2010 01.15 mengatakan...

salam, bertandang menjlang subuh...
berjalan disini mndapatkan motivasi,,

nice,renungan yg bagus...

aku follow sobat, berkenan follow balik yaa,,thxs

Mauren on 23 April 2010 04.03 mengatakan...

mangstappppppppp !!

AISHALIFE-LINE on 23 April 2010 06.38 mengatakan...

Nice post kang.Dan selamat ya awardnya.

Rock on 23 April 2010 07.05 mengatakan...

Selamat untuk awardnya kang sugeng...

Pak Ugeng on 23 April 2010 07.19 mengatakan...

Kang Sugeng, getun kedhuwung iku ketemu mburi !

Clara on 23 April 2010 07.20 mengatakan...

kunjungan pagi dan langsung mendapat renungan ^^
mantap

I Am on 23 April 2010 08.48 mengatakan...

Ohhh adek udah tua yah?? #keren

Sebenarnyah itu tips buat usia berapa sih?? 20 tahun? kok ada >> pasangan Pastikan pasangaan kita memiliki nilai yg sama dengan diri kita..!<<

Untung aja aku nggak ribet sama usuran rencana kaya begituan, soal'e ada yang lebih mengerti rencana yang cocok buat kita (Tuhan)... Tapi yah tetep harus mencoba banyak hal dan tetap semnagt.

p.s: semoga koment nyah nyambung yah... #krikkrik

Fajar on 23 April 2010 09.18 mengatakan...

well....te ope be ge te...alias top banget, top markotop, jos markojos...matur nuwun kang sugeng....atas motivasinya.....pancen pinunjul tenan kang sugeng iki....

Tukang komen on 23 April 2010 09.20 mengatakan...

Perjalanan hidup kang Sugeng hampir sama dengan saya kang, bedanya maaf saya tidak harus nyopet, tapi secara garis besar sepertinya sama, ada sedikit penyesalan dihati, kenapa dulu tidak seperti ini atau seperti itu, namun memang harus disadari bahwa perjalanan dan pengalaman hiduplah yang menempa kita untuk jadi lebih dewasa dalam menentukan pilihan, keep spirit... Be A Great Person

Sang Cerpenis bercerita on 23 April 2010 09.43 mengatakan...

bener semua. kata Anaz juga bener, cocok jadi motivator nih.

Rock on 23 April 2010 09.50 mengatakan...

Mohon maaf kalau verifikasi kata diblog saya mengganggu kang sugeng. Saya memasang verifikasi kata untuk keamanan blog saya dari spam. Dulu blog teman saya kena spam & sampai sekarang gak bisa dibuka lagi blognya. Jadi kalau kang sugeng merasa tidak nyaman dengan verifikasi kata diblog saya, kang sugeng boleh tidak berkomentar di blog saya.
Oiya kang, saya berkomentar di blognya kang sugeng bukan bermaksud untuk kang sugeng harus berkomentar kembali di blog saya. Saya berkomentar di blog kang sugeng karena saya suka dengan artikel-artikel kang sugeng & saya ingin belajar dari kang sugeng.
Sekali lagi saya minta maaf untuk ketidak nyamanannya...
Terima kasih.

Dinoe on 23 April 2010 10.05 mengatakan...

Makasih atas pencerahannya kang..dan selamat atas awardnya

richoyul on 23 April 2010 10.24 mengatakan...

sip kang, hidup memang butuh uang tapi bukan berarti hidup ini cuma hanya untuk uang masih banyak hal di sekitar kita terutama keluarga

Munir Ardi on 23 April 2010 10.42 mengatakan...

great motivation from great person, klop banget kang kayaknya harus disimpan di hardisk nih untuk dibaca setiap saat atau dibookmark aja deh lebih bagus

mansuka life on 23 April 2010 11.33 mengatakan...

mampir plenddd .... blogwalking dari bali... kalau mau tukar link yuk? konfirmasinya saya tunggu ...

Anggi Zahriyan on 23 April 2010 13.01 mengatakan...

nice inpo kang... ini membuat kita agar tidak menyesal dikemudian hari. Oya, selamat yaa atas awardnya.

nyuns on 23 April 2010 13.29 mengatakan...

waow.. OM... ini baik untuk remaja yang bekerja hihiih.. aku termotivasi banget sama tulisan ini, ambil kesempatan mudamu sebelum tua menjemput, intinya gunakan waktu sebaik mungkin dan punya sikap tulus heheh... makasih Om sharenya :), aku akan belajar dari tips ini karena Orang tua lebih tau dari yang muda, kan pengalamnnya lebih banyak :D

inuel on 23 April 2010 13.30 mengatakan...

selesaikan pendidikan!!

hal itu yang aku terapin sama adhekku :)

nietha on 23 April 2010 14.43 mengatakan...

thanks share nya mas.. banyak yang bisa diambil nih

buwel on 23 April 2010 17.31 mengatakan...

Allohu Akbar!
Thanks!

achen on 23 April 2010 17.32 mengatakan...

serasa kecil neh saya Kang,
makasih banget ea sharenya....
makasih...

blog sederhana on 23 April 2010 17.56 mengatakan...

selalu mantap infonya kang sugeng,,
mau donk ikut jaringan / komunitas blogger dan ikut acara kopdar gitu,, kalau ada info tolong kabarin kang
sakahuebat@gmail.com
thanks Bepoll kang

saka hero on 24 April 2010 00.15 mengatakan...

kang kalau buat review tentang alexa pakena bahasa inggris apa bahasa Indonesia?
thanks bepoll..

bacabaca on 24 April 2010 06.59 mengatakan...

nice post..
tapi, tidak ada salahnya menerima pekerjaan dengan bayaran lebih tinggi.. tentunya dengan pertimbangan yang matang..

bonk AVA on 24 April 2010 07.13 mengatakan...

jangan takut dengan kegagalan, kegagalan adalah guru terbaik kita, dan jalan menuju kesuksesan, kalu bisa banyak banyak melakukan kegagalan daripada keberhasilan , hahahah

AeArc on 24 April 2010 09.33 mengatakan...

setuju gan.. pendidikan lebih penting

Bayu Lebond on 24 April 2010 11.14 mengatakan...

wah mario teguh musti hati-hati neh bung...

zujoe on 24 April 2010 12.13 mengatakan...

Uang tidak akan membusuk, simpanlah..!

betuuulllll.... *matrene kumat* -_-

Darin on 24 April 2010 13.18 mengatakan...

dapet pencerahan yang bagus di sini :)
pelajarannya sangat mengena kang!

maiank on 24 April 2010 15.22 mengatakan...

dapet pencerahan juga maiank ni kang...

makasi infonya..kang
semangat belajar,
selesaikan pendidikan!!

catatan kecilku on 24 April 2010 20.39 mengatakan...

Membaca tulisan Kang Sugeng yg ini aku jadi termotivasi banget...! Thanks ya....

the others on 24 April 2010 20.42 mengatakan...

Terima kasih awardnya udah dipajang..

BTW, Kang Sugeng cocok jika nulis artikel yg spt ini. Bagus banget...

senja on 24 April 2010 23.33 mengatakan...

OK BANGET pencerahannya kang,...mksh ya,jadi semakin tahu bagaimana kang sugeng memandang hidup ini...

salut untuk semangat dan motivasinya ^^

richoyul on 25 April 2010 00.03 mengatakan...

malem kang sugeng belajar belajar dan terus belajar sampai tak mampu lagi belajar :)

Sudino Dinoe on 25 April 2010 00.20 mengatakan...

Mantap pencerahannya kang dan selamat atas awardnya ya kang

munir ardi on 25 April 2010 02.12 mengatakan...

penyesalan memang selalu dibelakang hari tidak ada yang didepan jadi banyaklah belajar dari petuah-petuah dan pencerahan yang sangat berguna seperti ini, salam kang

Seti@wan Dirgant@Ra on 25 April 2010 12.04 mengatakan...

Artikel yang sangat memotivasi Kang...
makasih banyak.

Seti@wan Dirgant@Ra on 25 April 2010 12.07 mengatakan...

Mohon maaf, baru sempat mampir...

7 taman langit on 25 April 2010 13.44 mengatakan...

selamat atas awardnya,saya suka kutipan :
Never accept a job just because the pay is higher..!
salam sejahtera

sky on 25 April 2010 13.45 mengatakan...

award disertai pelajaran yang berguna
terima kasih

Itik Bali on 25 April 2010 15.17 mengatakan...

Selalu ada wejangan dari Bapak kita satu ini
thanks ya kang..

ranny on 25 April 2010 22.03 mengatakan...

whoaaaaaaaaa kerenn
ranny menyukai postingan ini ^^
sangat memotivasi kang..berasal dari pengalaman pribadi

dan pendidikan itu emang penting...err soal gaji tinggi,gag muna dalam kondisi sekarang ini jadi ingin memilih gaji yang bisa memenuhi kebutuhan kita emang kebutuhan kita banyak tapi sekali lagi materi emang penting :((
intinya : gaji gede tapi keadaan kantornya gag menyenangkan,wat apa coba??tapi kalo gaji pas pasan dengan keadaan kantor yang menyenangkan,lebih enak daripada yang pertama ^^

makasih dah share pengalaman hidup kang ^^

bintang on 25 April 2010 22.49 mengatakan...

sama kek anaz, mas sugeng keren, motivasinya dapet.
masih mikir, mau inves, tapi inves apa yah??/
hehehe

BrenciA KerenS on 26 April 2010 13.29 mengatakan...

wew awardd...

selamatt yaa kang... manteb lho.. hehehhe

jasa pembuatan karikatur on 26 April 2010 21.55 mengatakan...

keren tipsnya, dalem juga dan pasti sangat bermanfaat

dasir on 27 April 2010 08.44 mengatakan...

Meski panjang saya sangat menyukai tulisan kang sugeng ini. Tak ada kata yg kulewati. Makasih kang ya atas share nya. Sungguh pengalaman yg sngt brmanfaat bg sy yg blm mnglmi usia senja spt kang sugeng. Salam

Simak UI 2011 on 3 Januari 2011 08.48 mengatakan...

semoga dapat saya terapkan dalam kehidupan sehari-hari ya. makasih pak sudah mau nulis panjang2 cuma buat keberhasilan orang lain. Semoga bermanfaat!

obat hebal kanker darah on 3 Mei 2011 12.01 mengatakan...

artikelnya bagus :)

sukses selalu yaa

obat herbal penyakit diabetes on 17 Mei 2011 08.50 mengatakan...

mantapp mas...
makasih infonya yaaa

obat tradisional penyakit gagal ginjal on 25 Juni 2011 10.56 mengatakan...

mantep bener artikel'a..

obat sinusitis alami on 5 Agustus 2011 15.23 mengatakan...

mantappp...
mksih bnyak tipsnya

Posting Komentar

[ Full Page Comment Form ]

Maaf... karena banyak SPAMMER, terpaksa saya mengaktifkan MODERASI.
Ini adalah DOFOLLOW BLOG, setiap komen yg kamu tinggalkan, akan menjadi BACKLINK buat URL yg kamu sertakan, so... tinggalkan komen yg sesuai dengan TEMA, jangan NYEPAM..!!
Gunakan Name/URL biar lebih efektif. Jangan lupa pake http:// biar ndak BROKEN LINK.
Komentar APAPUN asal sopan dan punya aturan, PASTI saya terbitkan, KECUALI yg menyertakan LINK, akan langsung saya DELETE..!!

Back to TOP

 

Be A Great Person Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template