Selasa, Mei 11, 2010

Apakah Cinta Itu??

Hari minggu kemarin kebetulan teman-teman anak gadis saya sedang berkumpul dan bermain bersama di teras rumah. Mereka terlihat sedang memainkan sebuah permainan yg mereka sebut dengan 'anak-anakan'. Ada yg jadi ibu, ada yg jadi ayah, ada yg jadi anak, bahkan ada pula yg jadi kakek dan juga neneknya. Mereka seolah sedang mengapresiasikan arti cinta dalam sebuah keluarga. Lalu karena penasaran sayapun mencoba mendekati mereka dan memberi mereka satu pertanyaan.

Apa sih arti cinta menurut kalian??

Simaklah apa jawaban yg saya dapat dari mereka berikut ini,

Devi, 8 tahun,
"cinta itu adalah ketika Ibu sedang terbaring pusing (sakit) dan Ayah sibuk memasak mie instan untuk saya dan kemudian membuatkan teh pahit untuknya."

Shinta, 5 tahun,
"cinta itu adalah ketika saya sedang menangis dan kemudian kakak saya memberikan sebagian kue yg sedang dimakannya"

Lia, 6 tahun,
"cinta itu adalah ketika Ibu saya membuatkan kopi untuk Ayah dan dia menyesapnya terlebih dahulu untuk memastikan rasanya enak"

Shasa, 7 tahun,
"cinta itu adalah ketika nenek saya yg sudah tidak bisa membungkuk lagi untuk merapikan kuku kakinya dan lalu kakek membantu merapikan dan bahkan mengecatkannya sekalian"

Viko, 8 tahun,
"cinta itu adalah ketika Mama sadar bahwa Papa sedang berkeringat, kotor dan bau tapi masih juga mengatakannya lebih tampan daripada Mike Lewis"

Yup... cinta memang relatif.
mereka yg tidak menyukainya menyebutnya tanggung jawab...
mereka yg bermain dengannya menyebutnya sebuah permainan...
mereka yg tidak memilikinya menyebutnya sebuah impian...
mereka yg mencintai menyebutnya takdir...

kadang Tuhan yg mengetahui yg terbaik, akan memberi kesusahan untuk menguji kita...
kadang Ia pun melukai hati, supaya hikmah-Nya bisa tertanam dalam-dalam...
jika kita kehilangan cinta, maka pasti ada alasan di baliknya...
alasan yg kadang sulit untuk dimengerti.
namun kita tetap harus percaya bahwa ketika Ia mengambil sesuatu, Ia telah siap memberi yg lebih baik...
tunggulah saat-saat itu tiba.

mengapa menunggu??
karena walaupun kita ingin mengambil keputusan, kita tidak ingin tergesa-gesa...
karena walaupun kita ingin cepat-cepat, kita tidak ingin sembrono...
karena walaupun kita ingin segera menemukan orang yg kita cintai, kita tidak ingin kehilangan jati diri kita dalam proses pencarian itu...

jika ingin berlari, belajarlah berjalan duhulu...
jika ingin berenang, belajarlah mengapung dahulu...
jika ingin dicintai, belajarlah mencintai dahulu...
pada akhirnya, lebih baik menunggu orang yg kita inginkan, daripada memilih apa yg ada...
tetap lebih baik menunggu orang yg kita cintai, daripada memuaskan diri dengan apa yg ada...
tetap lebih baik menunggu orang yg tepat, sebab hidup ini terlampau singkat untuk dilewatkan bersama pilihan yg salah...
karena menunggu mempunyai tujuan yg mulia dan misterius...

bunga tidak mekar dalam waktu semalam...
kota Roma tidak dibangun dalam sehari...
kehidupan dirajut dalam rahim selama sembilan bulan...
cinta yg agung terus tumbuh selama kehidupan...
kebanyakan hal yg indah dalam hidup memerlukan waktu yg lama...
dan penantian kita tidaklah sia-sia...
walaupun menunggu membutuhkan banyak hal, iman, keberanian dan pengharapan...
penantian menjanjikan satu hal yg tidak dapat seorangpun bayangkan pada akhirnya...
Tuhan dalam segala hikmah-Nya, meminta kita menunggu karena alasan yg penting...

So... apa arti cinta menurut kalian??Share/Save/Bookmark Subscribe



Related Posts :



58 komentar:

maiank on 11 Mei 2010 10.20 mengatakan...

aku sukaaa
postingan ini kang.
jd terharu
aku bgt huhuhuhu
aku save yah yah yah
~iya maiank..silakan
sambil ngasah golok hehe

Brian Sang Pemberontak on 11 Mei 2010 10.38 mengatakan...

cinta kalau aku yang masih remaja mungkin ya ke lain jenis kang

brian berpikir positif on 11 Mei 2010 10.38 mengatakan...

mengembang amanah pak munir untuk bw ke blog sahabat, cinta memang universal pak

Brian Sang Pemberontak on 11 Mei 2010 10.39 mengatakan...

saya menciontai blog ini karena tulisannya bagus

narti on 11 Mei 2010 10.46 mengatakan...

dalem banget...
ijin copas buat arsip.
matur nuwun.....

sda on 11 Mei 2010 10.48 mengatakan...

jawaban dari anak2 itu lugu, polos, apa yang diinginkan, dirasakan, dilihat itulah yg diungkapkan. jawaban mereka kadang menghentak kita sebagai orang tua.

Dhe on 11 Mei 2010 10.57 mengatakan...

betul banget..!
menurut dhe cinta adalah hal yang membuat aq bisa hidup ^^. gt deh ^^

inge / cyber dreamer on 11 Mei 2010 11.11 mengatakan...

cinta... oh cinta...
ketika memberi tanpa mengharapkan balasan ^^

catatan kecilku on 11 Mei 2010 11.21 mengatakan...

Cinta itu tak mampu aku definisikan dg kata2... karena bagiku tak cukup satu kalimat utk mendefinisikan cinta..

the others... on 11 Mei 2010 11.22 mengatakan...

Nice post Kang... Mantap bener...

attayaya on 11 Mei 2010 11.41 mengatakan...

begitulah........
banyak cara mencintai
banyak cara mendapatkannya

Aulawi Ahmad on 11 Mei 2010 12.25 mengatakan...

intinya harus terus belajar ya kang :) n cinta itu bagiku terbagi 2, cinta kepada Tuhan (absolut) dan cinta kepada sesama manusia (relatif), btw tq dah berbagi :)

Aulawi Ahmad on 11 Mei 2010 12.49 mengatakan...

setuju kang memang sebagai manusia kita harus terus belajar :) n cinta itu ada dua, absolut dan relatif, absolut = cinta kepada Tuhan, relatif = cinta pada sesama manusia, btw tq dah berbagi :)

Sang Cerpenis bercerita on 11 Mei 2010 13.05 mengatakan...

arti cinta adalah mencintai tanpa membalas dicintai. duuh, dalem ya.

btw, kang..yg menang review itu gak semuanya review orangnya lho. kalo kamu perhatikan dg baik. sebenarnya memang yg diperhatikan adalah yg review blog tapi ada beberapa orang yg dimenangkan karna keunikan dan kreativitasnya. dalam postingan yad nanti saya jelaskan lebih lanjut.

anyway, tks ya.

Dinoe on 11 Mei 2010 13.43 mengatakan...

Cinta ya kang..menurut saya rasa yg timbul dalam diri yang menghasilkan suatu rasa yang beragam maknanya..

Seti@wan Dirgant@Ra on 11 Mei 2010 14.18 mengatakan...

Cinta, karya indah Sang Pencipta
Dimulakan di surga…
Dirasukkan dalam jiwa Adam dan Hawa
Lalu dianak-pinakkan ke setiap jiwa
Dengan kadar yang berbeda…

Seti@wan Dirgant@Ra on 11 Mei 2010 14.19 mengatakan...

Cinta tak lain sebuah prasasti
Yang terbangun di pinggir pantai prahara
Satu hal yang membuatnya kokoh berdiri
Ialah keteguhan hati tuk selalu setia

Seti@wan Dirgant@Ra on 11 Mei 2010 14.19 mengatakan...

Cinta…
Nama lain dari keteguhan hati
Tuk selalu letakkan hati kekasih diatas
Demi sebuah pelayaran yang diretas
Menuju pulau kebahagiaan

Seti@wan Dirgant@Ra on 11 Mei 2010 14.20 mengatakan...

Cinta bukanlah benda, yang terlihat
Namun irama perasaan yang mengalun memikat
Tersimpan rapi di ruang hati
Hanya kekasih sejati yang mengetahui

Dimas on 11 Mei 2010 16.10 mengatakan...

cinta adalah misteri dalam hidup yang tak pernah kita tau akhirnya...

Artikel Internet Online on 11 Mei 2010 16.14 mengatakan...

cinta bisa membuat kita senang, bisa juga membuat sedih. membuat kita tertawa bahkan membuat kita menangis. membuat kita mengetahui bahkan membuat kita penasaran. cinta bisa menjadi sebuah anugrah yg indah bahkan terkadang kita tidak menginginkannya....
cinta adalah misteri...

Abdul Malyk on 11 Mei 2010 16.44 mengatakan...

tapi kalo menunggu terus tapi gak dapet2 gimana kang??
hehe..

maaf neh baru bisa mampir..

DewiFatma on 11 Mei 2010 17.08 mengatakan...

Cinta adalah menerima apa adanya dan senantiasa bersyukur. :)

Anazkia on 11 Mei 2010 17.15 mengatakan...

Cinta itu, sebuah pengertian... Jiah, gayaku :D

Mas Sugeng, maaf kalo jarang kemari. Jujur, sekarang saya jarang BW di blogspot, lagi ngerem di multiply *doh* semoga penyakitnya segera sembuh :((

soewoeng on 11 Mei 2010 18.16 mengatakan...

cinta ya cinta itu sendiri
cinta bisa berdiri sendiri tanpa bantuan siapa pun
karena cinta ciptaan TUHAN

inuel on 11 Mei 2010 21.17 mengatakan...

cinta memang penuh pertimbangan, oitulah yang capat dari sini, makasih Om sharenya, tidak sembrono dan waspadalah waspadalah :D. tante pasti seneng punya suami romantis kayak Om hehe *nebak aja kok :-P

richoyul on 11 Mei 2010 21.55 mengatakan...

klo di daerah bekonang solo cinta itu ciu fanta heheh...... yang pasti aku ga tau apa itu cinta, aku cuma bisa merasakannya saja :)

bluethunderheart on 11 Mei 2010 22.02 mengatakan...

cinta itu banyak rasanya
dan banyak sukanya....heheh sok tahu y bloue ini,maz
salam hangat dari blue

Freya on 11 Mei 2010 22.18 mengatakan...

cinta huhuhu....cinta....huhuhuhu....sejujurnya...saya...sedang....patah...cinta...halah *ngeloyor krn ga penting*

Fajar on 12 Mei 2010 08.47 mengatakan...

cinta adalah sebuah keikhlasan .....

NaiCaNa on 12 Mei 2010 08.55 mengatakan...

Cinta adalah menerima kesakitan ketika orang yang kita cintai bahagia bersama yang lain karena cinta itu pengorbanan :)

senja on 12 Mei 2010 09.19 mengatakan...

like this kang....bangeettsss !

u inspiring me ^^

cinta menurutku ketika aku mengunjungi sahabat2 blogerku,membaca tulisannya dgn sepenuh hati dan meninggalkan komntr di sana...
itu juga salah satu dari cinta ^_*

cinta dgn wajah persahabatan,tentu saja....

Anton on 12 Mei 2010 09.50 mengatakan...

jika ingin berlari, belajarlah berjalan duhulu,
jika ingin berenang, belajarlah mengapung dahulu...
jika ingin dicintai, belajarlah mencintai dahulu.
..................................................
Saya suka dengan kalimat itu kang, cinta itu menurut saya rasa ingin memiliki dan dimiliki.

restry on 12 Mei 2010 10.38 mengatakan...

cinta itu ketika kita bisa menerima diri kita apa adanya, dan menerima diri orang yang kita cintai apa adanya

koplak on 12 Mei 2010 12.30 mengatakan...

lha kok malah takon lho

attayaya on 12 Mei 2010 12.37 mengatakan...

dan sang pujangga berkata :
selamat malam cinta

Wiwied on 12 Mei 2010 13.53 mengatakan...

:::: wah wah,,, mengundang haru yah membacanya.... begitu relatifnya arti bagi usia belia...

::: selama ini kita sibuk mendengar kan cinta versi orang dewasa... ehehehe... yang belia2 itu sungguh unik yah

::: aku selalu terngiang dan membaca yang ini berulang :
Yup... cinta memang relatif.
mereka yg tidak menyukainya menyebutnya tanggung jawab...
mereka yg bermain dengannya menyebutnya sebuah permainan...
mereka yg tidak memilikinya menyebutnya sebuah impian...
mereka yg mencintai menyebutnya takdir...

::: memang cinta, punya sejuta wujud... ah bahkan lebih dari sejuta ^-^v

Tukang komen on 12 Mei 2010 20.43 mengatakan...

cinta itu tidak buta, cinta mau melihat segalanya...

hendro-prayitno on 12 Mei 2010 20.45 mengatakan...

cinta itu ketika aku sujud dan menyesali dosa2ku

blog senoaji on 12 Mei 2010 21.06 mengatakan...

Cinta itu adalah hitungan untung rugi. Seberapa besar hati dan perasaan dan penebalan garis tipis antara cinta dan nafsu belaka

Meutia Halida Khairani on 12 Mei 2010 21.31 mengatakan...

menurut saya cinta itu adalah ketika orang itu selalu berada di dekat kita, mendengarkan keluh kesah kita, dan membuat hidup terasa sangat indah..

salam kenal

Sudino Dinoe on 12 Mei 2010 22.02 mengatakan...

Cinta memang indah ya kang..apalagi terbalaskan..

senja on 13 Mei 2010 03.01 mengatakan...

ngegedor pintu rmh mu dini hari ini kang,blm update ya kang??

*kuciwa.com

03agoenk on 13 Mei 2010 06.57 mengatakan...

Cinta yg kang sugeng sebut itu cinta keluarga.....
klo cinta yg lagi kasmaran beda lagi......

tapi apapun cintanya, yg pnt awet sampai wkt memisahkan......

sahabat blogger on 13 Mei 2010 07.12 mengatakan...

cinta..terlalu luas untuk dituliskan. cinta buat saya adalah segalanya...

bluethunderheart on 13 Mei 2010 09.36 mengatakan...

semangat kang mas
salam hangat dari blue

attayaya on 13 Mei 2010 13.46 mengatakan...

met siang kang
met liburan

attayaya on 13 Mei 2010 13.47 mengatakan...

met siang kang
met liburan

بوويل on 13 Mei 2010 14.34 mengatakan...

4 jempol tuk kang sugeng!

achen on 13 Mei 2010 14.35 mengatakan...

tapi saya kok sudah gak bisa menunggu kang, cinta saya telah berubah mencintai orang lain daripada mencintai oramg yang tak mencintai saya.. hehehe... :-)

KucingTengil on 13 Mei 2010 15.53 mengatakan...

kata favo mia neh... namun kita tetap harus percaya bahwa ketika Ia mengambil sesuatu, Ia telah siap memberi yg lebih baik...

Amieeeeeen....

arti cinta menurut mia... smakin dimnegerti malah smakin bingung menjabarinnya gmn. Sesuatu yg sangat jelas terasa tapi susah untuk di jabarkan dg kata2 jiaaaaaaaaaah

Mauren on 13 Mei 2010 17.11 mengatakan...

quote :
pada akhirnya, lebih baik menunggu orang yg kita inginkan, daripada memilih apa yg ada...
tetap lebih baik menunggu orang yg kita cintai, daripada memuaskan diri dengan apa yg ada...
tetap lebih baik menunggu orang yg tepat, sebab hidup ini terlampau singkat untuk dilewatkan bersama pilihan yg salah...
karena menunggu mempunyai tujuan yg mulia dan misterius...

saya juga sedang menunggu dia, entah sampai kapan =="

Laksamana Embun on 13 Mei 2010 20.56 mengatakan...

Cinta adalah Perasaan yang muncul dengan Tiba2 dan akan hilang dengan Tiba2 apabila tidak djaga.. :)

anyindia on 14 Mei 2010 10.31 mengatakan...

cinta itu...... belum bisa mendeskripsi.. hehe ketemu suami saya dulu :)) halah hehe

pandora on 14 Mei 2010 10.33 mengatakan...

love is.... when you met someone like music meets lyric :p

yanuar catur rastafara on 14 Mei 2010 12.15 mengatakan...

cinta itu mirip bisa yang di salurkan oleh ular, namun kadang kala mirip madu yang dituang oleh tawon
huahahahaha,,,bener gak yah???

I Am on 29 Mei 2010 12.13 mengatakan...

aku tau prolog nya dibuat Fiksi, tapi itu kan bumbu artikel mu.. #dipecutttin

Cinta adalah omong kosong, itu hanya kata.. #sadissss

aku belum ngerti yang kaya gituan Kang, masih kecill.. :p

obat tradisional penyakit gagal ginjal on 25 Juni 2011 10.54 mengatakan...

dalem banget,,!!

Posting Komentar

[ Full Page Comment Form ]

Maaf... karena banyak SPAMMER, terpaksa saya mengaktifkan MODERASI.
Ini adalah DOFOLLOW BLOG, setiap komen yg kamu tinggalkan, akan menjadi BACKLINK buat URL yg kamu sertakan, so... tinggalkan komen yg sesuai dengan TEMA, jangan NYEPAM..!!
Gunakan Name/URL biar lebih efektif. Jangan lupa pake http:// biar ndak BROKEN LINK.
Komentar APAPUN asal sopan dan punya aturan, PASTI saya terbitkan, KECUALI yg menyertakan LINK, akan langsung saya DELETE..!!

Back to TOP

 

Be A Great Person Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template