Minggu, Mei 16, 2010

Hampir Mati Ditindih Hantu Perempuan Cantik

Pada kesempatan kali ini saya akan menceritakan sedikit pengalaman gaib yg pernah saya alami di masa lalu.

Kejadian aneh ini terjadi beberapa tahun yg lalu ketika saya masih tinggal di kost-kost an di daerah Kutisari Surabaya. Kejadian itu begitu membekas di hati saya, bahkan sampai sekarangpun ketika saya menuliskan ini, bulu kuduk saya masih suka merinding.
Kejadian yg menurut orang Jawa dikenal dengan nama tindhien ini, terjadi beberapa kali di tengah nyenyaknya saya tidur sampai memaksa saya bangun dengan nafas terengah-engah. Kalau biasanya yg sering membuat tindhien itu adalah sejenis jin tinggi besar atau yg biasa disebut gondoruwo, yg menindih saya kali ini justru sesosok perempuan cantik. Anehnya lagi, saya yg sempat merasa berteriak keras minta tolong karena ditindih sampai ndak bisa bernafas itu, ternyata ndak ada satupun teman satu kost yg mendengarnya. Teriakan saya ternyata sia-sia. Bahkan teman sekamar saya pun sama sekali tidak mendengarnya. Mereka hanya tahu setelah saya sudah berhasil bangun dan menceritakan apa yg baru saja saya alami.

Peristiwa ini pertama kali terjadi ketika saya baru beberapa hari menempati kamar kos di kawasan Kutisari Utara Gang 1 deket Kuburan. Karena anak baru, sayapun nurut aja ketika kebagian kamar paling pojok di sebelah sumur tua. Dan awal-awal menempati, saya merasa nyaman-nyaman aja, tapi setelah dapat semingguan, saya mulai merasakan suatu keanehan.
Berulang kali lampu kamar itu meredup hampir padam dan kemudian terang lagi. Tidak hanya itu, ketika saya tidur, tanpa tahu apa sebabnya, tiba-tiba saya merasakan tubuh saya seperti tertimpa benda yg sangat berat dan membuat saya dalam kondisi setengah sadar. Yg membuat saya heran, kenapa mata saya sulit sekali terbuka? padahal saya ingin sekali melihat apa yg sedang menindihku itu. Dalam hati, saya hanya bisa pasrah, "ya Allah... apa yg sedang terjadi pada diriku ini?"
Berbagai doa pun saya lafalkan berulang-ulang dalam hati, dan untung saja beban berat yg menimpa tubuh saya itu tiba-tiba lenyap ketika sayup-sayup terdengar suara adzan Subuh dari Mushola di ujung gang. Dan bersamaan dengan itu, saya sempat melihat sekelebat bayangan putih yg langsung menghilang ketika mata saya benar-benar terbuka sempurna.

Entah karena saya pasrah aja atau karena alasan yg lain, kejadian gaib yg menimpaku itu, tidak hanya terjadi pada malam hari, siang hari pun saya juga sempat tindhien.
Waktu itu kebetulan hari Sabtu saya pulang kerja jam 2 siang dan sampai di tempat kost langsung tertidur pulas karena capek. Apalagi malam sebelumnya saya habis berdzikir sampai Subuh untuk mengetahui penyebab tindhien yg cukup menggangguku itu.

Dan pada saat tindhien di siang hari itulah saya baru tahu kalau ternyata yg menindihku selama ini bukan Gendruwo, melainkan sesosok perempuan cantik. Saya sempat melihat wajah pucatnya sedikit tertutup rambut yg terurai dengan baju putih berenda-renda. Sama sekali tanpa ekspresi.

Dalam tidur saya itu, kembali saya merasakan tubuh saya tertimpa benda berat sampai ndak bisa bernafas dan bergerak sedikitpun. Tapi kali ini saya sama sekali ndak berusaha melawan ataupun berteriak.
Antar percaya atau tidak, ternyata saya bisa melihat sesosok perempuan cantik dengan pandangan mata misterius tengah duduk di atas tubuh saya. Satu tangannya membekap mulut dan tangan yg lain berusaha mencekik leher saya. Dan sayapun hanya bisa pasrah memandangnya sambil terus berdoa pada Allah sampai suara adzan Asar menyelamatkan saya. Sosok perempuan cantik itu langsung meloncat dari atas tubuh saya begitu mendengar suara adzan.

Setelah kejadian itu, menurut saran seorang Ustadz, saya diminta untuk berdoa dan selalu mengaji di dalam kamar agar makhluk yg menindih saya itu tidak berani mengganggu lagi. Selain itu dalam dzikir, saya diminta membayangkan makhluk tadi dan memintanya untuk jangan mengganggu saya lagi.
Dan Alhamdulillah sejak saat itu, saya ndak pernah lagi mengalaminya. Namun sampai sekarang saya masih saja sering terbayang kejadian yg hampir membuat saya mati itu.#

PS :
Sebenarnya kita tidak perlu takut pada hantu, karena hantu atau setan atau jin juga termasuk makhluk ciptaan Allah seperti manusia, perbedaannya ada pada alam kehidupannya. Manusia hidup di alam nyata sedangkan hantu hidup di alam ghaib. Hantu sering menampakkan diri di depan orang-orang yg takut pada hantu karena ingin menakut-nakuti manusia penakut. Jika seseorang tidak takut pada hantu, maka hantu tidak akan menampakkan diri karena jika menakut-nakuti orang yg tidak takut sama saja seperti hantu kurang kerjaan, percuma hantu menakut-nakuti manusia pemberani karena tidak akan takut.
Sebenarnya hantu justru takut pada manusia jika manusia tersebut tergolong pemberani. Manusia pemberani tidak akan takut pada hantu karena dia selalu berdoa pada Tuhannya agar selalu terhindar dari gangguan hantu. Jika manusia selalu berdoa memohon perlindungan dari segala gangguan, maka hantu pengganggu itu akan ketakutan dan tidak akan berani lagi mengganggu.
Kita hanya boleh takut pada Allah. Kita tidak boleh takut pada segala sesuatu kecuali takut pada Allah. Karena itu, kita juga tidak boleh takut pada hantu, karena hantu hanya makhluk lemah yg tidak pantas untuk ditakuti. Dengan kekuatan doa, manusia akan dengan mudah mengalahkan hantu. Rasa takut pada hantu muncul karena hilangnya kendali perasaan. Untuk menghilangkan rasa takut, maka harus mampu mengendalikan perasaan takut. Untuk mengendalikan perasaan takut, caranya adalah dengan meminta pertolongan Allah melalui doa.


*Tulisan ini saya ikutkan dalam kontes menulis yg Berbagi Kisah Sejati yg disponsori oleh denaihati.com/.

*banner ada di sidebarShare/Save/Bookmark Subscribe



Related Posts :



82 komentar:

yanuar catur rastafara on 14 Mei 2010 12.39 mengatakan...

sumpah mas, aku wedi lek ketemu barang alus ngene iki
mlayuuuuu..........

Dhana/戴安娜 on 14 Mei 2010 12.43 mengatakan...

salam sahabat
masyaAllah pengalaman ini kok serem n pastinya di balik semua ini ada hik,ahmya ya..good luck

inge / cyber dreamer on 14 Mei 2010 13.09 mengatakan...

serem banget toh kang...
duuuh tindhien aja dah g enak lah koq sampe bisa pandang2an hiiiiiy...

inuel on 14 Mei 2010 13.13 mengatakan...

hiiiiiiiiiiiiii..... merinding aku, tapi aku ngga' pernah ngalamin hal kayak gini dari kecil sampai kayak gini :D, mungkin aku ngga' penah berfikir soal mereka, aku percaya mereka ada, dan mereka tak mengangguku hehe, jadi itu saja, percaya kalo ngga' ada apa apa hehe, ato malah mereka ya yang takut ama aku wkwkwk *embahnya genderuwo* maaf ya mba genderuwo, aku cuma komentar aja :P

Bupil.com on 14 Mei 2010 13.26 mengatakan...

Gue kalau tidur diatas jam 12 juga sering ngerasain ditindih sesuatu. Kadang "dia" ngomong sesuatu yg gag bs gue inget pas melek. Waktu pertama dulu gue sempat melawan (maksudnya brusaha bangun). Tapi skarang gue biarin aja sampai gue ketiduran sendiri

I Am on 14 Mei 2010 14.02 mengatakan...

Gila. Ceweknya yg gila! Si hantu Nafsuin bgt sih nindih2 gt. Aku terlentang ahh, kalu dia dtg. LOL

rizal on 14 Mei 2010 14.03 mengatakan...

postingan ini seram kali ya..sampai baca aja aku ngeri...

hendro-prayitno on 14 Mei 2010 14.45 mengatakan...

aduh serem kang..aku nyerah kalau ngomomngin ginian,,ydah ah aku ga mau liat gambarnya

Isti on 14 Mei 2010 17.17 mengatakan...

ya ampun serem amat..kalo saya bisa ga tidur seminggu kali...kebayang bayang terus...iiihhh

nietha on 14 Mei 2010 17.49 mengatakan...

serem banget mas. tapi dulu aku sering banget ngalamin ini waktu tinggal diasrama mahasiswa waktu kuliah. trus pas habis tsunami juga ngekos sering diganggu. alhamdulillah skrng dah ga lagi

CLara on 14 Mei 2010 18.57 mengatakan...

duh pengalamannya ngeri
T^T
kalo pengalaman saya hanya ditindih satu kali...

Fajar on 14 Mei 2010 21.36 mengatakan...

walah...ngeri nemen kang........nganti gilo aku le moco...

Munir Ardi on 14 Mei 2010 22.34 mengatakan...

hiii serem kali pak postingannya mesti tidur sama ibu nih sebentar habis gambarnya juga serem

Naila on 15 Mei 2010 01.58 mengatakan...

lam kenal dulu yah, blogwalking nih.. maen k blog q ya..

buset, sial banget sih aku malem2 gini baca pengalaman gituan, omg, mana lagi libur di kos sendirian, sedikit menyesal aku membaca cerita ini, hehehe..
ini kisah nyata tah??? bersinggungan dengan dimensi lain??

Sudino Dinoe on 15 Mei 2010 06.48 mengatakan...

Mengerikan sekali kejadiannya ya kang....btw saya dengar2 byk juga yg mengalami hal ini , mgkn benar kata ustadz tersebut ,perlu banyak membaca ayat2 suci dlm kamar tersbt agar tdk di ganggunya lagi..

bonk AVA on 15 Mei 2010 07.33 mengatakan...

ya ampunnnnnnnnn.... hantunya cantik ya.... jadiin pacar aja heheheheh

Dimas on 15 Mei 2010 08.05 mengatakan...

serius nih kang, serem juga klo gitu..

Artikel Internet Online on 15 Mei 2010 08.07 mengatakan...

yg aku tau sih, klo secara ilmiah itu namanya paralize tidur, keadaan dimana badan kita kaku sesaat, sesak napas, sulit bicara, seperti ada yg dudukin...
itu penjelasan ilmiahnya ya, tapi klo emang beneran ditindih setan, waduh jgn sampai deh, takut...

Mattwahyu on 15 Mei 2010 08.19 mengatakan...

Blogwalking pagi ... cari sarapan ... menunya mantab2 ... mohon maaf lama tidak silaturahim
Salam

Tukang komen on 15 Mei 2010 08.55 mengatakan...

wah, aku juga pernah mas ngalamin kaya gitu, tapi yg nindih aku emang genderuwo, besar dan item kaya gorilla....tapi dia menghilang setelah aku mengucapkan do'a, disini intinya takut itu boleh asal kita gak menyerah pada mereka justru mereka nanti yang akan segan sendiri dengan kita. Tapi merinding juga nih bulu kuduk... hiii...

Zippy on 15 Mei 2010 13.02 mengatakan...

Haduh mas...
Jadi ingat sama peristiwa 2hr kemarin.
Saya juga baru aja ketindisan.
Ketindisan sama pocong tapinya.
Serem deh, sesak banget gak bisa ngapa2in.

Dunia Hape on 15 Mei 2010 13.06 mengatakan...

Kapok mas kalo soal ketindisan.
Jangan saampai lagi deh, ngeri.

miwwa on 15 Mei 2010 14.14 mengatakan...

liat gambarnya aja udah serem!! jadi males mau baca!! >,<

maiank on 15 Mei 2010 14.23 mengatakan...

ngeri memang, maiank dulu sering, entah udah berapa kali kang. dikost yang lama, maiank baru tau ternyata kostan maiank itu horor dari tetangga2 sekitar. sering tindian, sama, sadar tapi nggak bisa bangun,gak bisa gerak akhirnya pasrah dan sambil membaca ayat-ayat yang maiank inget. langsung maiank bangun, keluar kamar, kaya habis lari berkilo-kilo, ngos-ngosan, berpeluh, akhirnya tidur sama mb kost, sambil terus baca ayat kursi. sekarang udah pindah kost...Alhamdulillah.

7 taman langit on 15 Mei 2010 14.47 mengatakan...

untung tidak pernah lagi dialami ya
seram juga ceritanya

joe on 15 Mei 2010 15.29 mengatakan...

lha kok medeni men to mas...

Artikel Internet Online on 15 Mei 2010 15.44 mengatakan...

sebenarnya linknya sudah saya simpan kang, tapi belum dimasukkan dalam daftar. tapi nanti ada kok..

budies on 15 Mei 2010 16.44 mengatakan...

membaca saja rasanya serem, apalagi kalau mengalami...ah jangan ah

TUKANG COLONG on 15 Mei 2010 17.03 mengatakan...

ih seremm..Auuuu..

Naila on 15 Mei 2010 17.59 mengatakan...

kang, q udah follow tuh, tak tunggu follow backnya ya.. cz lum ada d blogq, :)

Naila on 15 Mei 2010 18.40 mengatakan...

udah tuh kang, thanx bangeud ya...

jumialely on 15 Mei 2010 20.15 mengatakan...

saya pernah mengalami sepertti itu, seperti ada yang menindih, meski ada oirang disebelah kita, kita tak mampu untuk berteriak,s erasa nyangkut dikerongkongan dan lelah banget, tapia doa adalah kuncinya

:)

Laksamana Embun on 15 Mei 2010 23.07 mengatakan...

Wah Seram juga pengalam anda sobat, Untuk anda kuat menghadapinya...

achen on 16 Mei 2010 01.51 mengatakan...

*merinding*

buwel on 16 Mei 2010 01.52 mengatakan...

Gambar yang dipilih bener2 menyeramkan Kang....

ivan kavalera on 16 Mei 2010 02.18 mengatakan...

Hiii...tapi seru juga pengalaman kang Sugeng tuh..(kunjungan kangendi akhir pekan penuh kehangatan persaudaraan dariku)

Munir Ardi on 16 Mei 2010 08.11 mengatakan...

selamat pagi kang kalau aku sekolahku ada penghuninya kang kadang pompa air hidup sendiri, nyanyian cewek atau malah ada teman aku yang dijorokin

Kursus php on 16 Mei 2010 08.59 mengatakan...

busyert dah... ngeri amat
tapi dulu tahun 2003 waktu awal2 kuliah, saya juga pernah kaya gini kang..

Seminggu saya mimpi didatengi cewek cantik mulu.. klimaksnya saya merasa ada pocong jatuh ke badan saya pas lagi tidur sore... wuih serem!

Terus, suatu hari ada temen saya maen ke kosan... eh dia gak mau masuk kamar, takut katanya. Setelah ngobrol sana sini ternyata dia melihat ada perempuan penunggu kamar saya.... huaaaaaaaaa... langsung pindah!!!

mocca_chi on 16 Mei 2010 09.12 mengatakan...

hahhh ak sering gitu bang, serem bgt/biasanya klo tidur terlentang tp syukur ak ga liat. syukurrr

Anazkia on 16 Mei 2010 11.49 mengatakan...

halah, kok baru ngasih tahu...?? kirain mau jadi yang pertamaxxx... halah :(

Saya juga sekarang sering githu, Mas... eh, kadang2 ndink

attayaya on 16 Mei 2010 13.05 mengatakan...

waaaah dulu aku juga sering ditindih "hal yg tnampak"
dan ga pernah liat wujudnya kek mana
hiiiiii

Seti@wan Dirgant@Ra on 16 Mei 2010 14.16 mengatakan...

ternyata Kang Sugeng punya pengalaman gaib yang membuat saya merinding...

Seti@wan Dirgant@Ra on 16 Mei 2010 14.17 mengatakan...

Dengan zikir,... dapat mengalahkan segalanya.
Moga menang yah Kang...
Salam hangat buat keluarga...

TUKANG COLONG on 16 Mei 2010 14.57 mengatakan...

hai kang berkunjung lagee nieh.. see u
:)

aulawi ahmad on 16 Mei 2010 16.41 mengatakan...

aku pernah juga ditindihi kang, hiiiii serem. btw moga sukses lombanya kang :)

KucingTengil on 16 Mei 2010 19.42 mengatakan...

wewww... serem banget pengalamannya. KAlo di sunda ke eureup-ereup kali ya namanya.

Mia sering ngalamin kayak gitu, tapi ga ketindih. Tapi roh mia yg berasa mau lepas dari tubuh. Dan ga ada keliatan sosok aneh2 apapun. tapi mang roh nya aja yg brasa mau lepas dr tubuh. Padahal dah baca smua doa yg mia tau tapi tetap aja ga ialng2. Kalo berhasil kebangun, rasanya lemesssssssss banget. Ini terjadi sejak Mia SMP ampe kuliah dan hampir tiap hari terjadinya. Sangat2 melelahkan. Ga tau apa penyebabnya.. akhirnya pasrah aja wakakakakak...

Bambang sutedjo mengatakan...

Kalau hantunya cantik uenak tenan loh...sampai2 brkeringat..he he..

Abdul Malyk on 16 Mei 2010 21.02 mengatakan...

tidhihen + delok2an..
hiii..
ayu gak mas??
hehe..

catatan kecilku on 16 Mei 2010 22.50 mengatakan...

Aku gak mau ah punya pengalaman spt Kang Sugeng ini..... Takutttt....
Oya, ternyata tulisan ini utk mengikuti ajang lomba yg diselenggarakan mbak Anaz to..?
Semoga sukses ya Kang.. :D

the others on 16 Mei 2010 22.52 mengatakan...

Kali ini aku bacanya cepet2... takut soalnya hahaha...

Oya, aku malah belum punya ide naskah utk ikutan lombanya mbak Anaz... :((

Itik Bali on 17 Mei 2010 03.31 mengatakan...

Mas, lha aku komen di pagi hari sendirian
wadddohh merinding disko aku..

richoyul on 17 Mei 2010 09.09 mengatakan...

aku juga pernah ngalamin tindihen, bahkan beberapa kali. cuma aku ga berani liat, kadang ada yang kaya meluk gt semakin aku berdoa semakin erat dia meluknya dan rasane semakin sakit.alhamdulilah bisa lepas juga aku bacain ayat kursi..... bener2 ngeri

Sang Cerpenis bercerita on 17 Mei 2010 09.35 mengatakan...

wah, spt nonton film horor aja jadinya.

sda on 17 Mei 2010 10.12 mengatakan...

cerita serem tapi sangat berarti.
pesan yang disampaikan sangat bermanfaat.

narti on 17 Mei 2010 10.13 mengatakan...

semoga sukses dengan kontesnya!

Seti@wan Dirgant@Ra on 17 Mei 2010 13.41 mengatakan...

mampir sore menyapa sahabat.
btw, ada award yang butuh dijemput.

Sang Cerpenis bercerita on 17 Mei 2010 14.16 mengatakan...

oot : kang, posting by imel, masukin kode htmlnya manual di blogger apa di imel? maksudnya, pas ketik artikel kita mesti ketik html gitu? atau dimasukin pas udah ada di blogger? thanks ya.

ajeng on 17 Mei 2010 14.49 mengatakan...

Hiks..semoga tidak terjadi padaku..

attayaya on 17 Mei 2010 16.33 mengatakan...

pokoke gamau ditindih lagi

nb :
aku ga ikutan SR
cuma BV doang
lagi sepi neeeeh

munir ardi on 17 Mei 2010 21.54 mengatakan...

semoga menang kang, meski aku ikut lomba ini juga

بوويل on 17 Mei 2010 23.32 mengatakan...

Knag ada tag dan award.. he

achen on 17 Mei 2010 23.33 mengatakan...

Mampir ajah. He

Saung Web on 18 Mei 2010 08.39 mengatakan...

Halah ternyata punya pengalaman seru juga nih. kang.. hiiy ngeriii..
btw.. sory menyory baru bisa mampir nih.. lagi sibuk di dunia nyata kang

Link Tea on 18 Mei 2010 08.40 mengatakan...

Syukur alhamdulillah sampai segede ini saya belum pernah nemuin hal2 gaib seperti ini kang

Penelusur Hidup on 18 Mei 2010 10.55 mengatakan...

Tidhien, saya juga pernah mengalami saat menjadi karyawan sebuah pabrik kelapa sawit di kalimantan barat. saat itu saya lagi Shift malam dan kejadiannya ketika saya istirahat sekitar jam 01.00 dinihari.... kita sadar tapi tak bisa gerak.... rilekskan diri dan sebut nama Tuhan maka kejadian tersebut bisa diatasi.

Abi Sabila on 18 Mei 2010 12.55 mengatakan...

betul pak, saya juga pernah mengalami hal serupa, tapi Alhamdulillah sejauh ini tidak memberikan pengaruh negatif, paling-paling jadi mengingatkan agar selalu baca doa sebelum tidur

Abi Sabila on 18 Mei 2010 12.59 mengatakan...

betul pak, saya pernah mengalami hal serupa, Alhamdulillah, sejauh ini tidak memberikan pengaruh negatif, kecuali jadi mengingatkan saya agar selalu berdoa sebelum tidur.

Anak Rantau on 18 Mei 2010 13.56 mengatakan...

Medeni teman Mas, nganti mrinding aku.

Mirza on 19 Mei 2010 14.44 mengatakan...

beuh2. . . .yg tetep berdoa maz,ngeri klu ampe kyk gt lg walaupun setan ma manusia mulai manusia klu ganggu ya bahaya juga

hybrid car on 20 Mei 2010 09.52 mengatakan...

Saya dulu waktu masih SMA dan di kost pula, saya juga sering mengalami seperti itu. tapi begitu pindah kost, nggak lagi...

annie on 22 Mei 2010 15.20 mengatakan...

Ya Allah ... jangan pernah Kau pertemukan aku dengan makhluk gaibMu. amiiin ...
Kang, saya mah orangnya 'borangan' makanya baca kisah ini takjub, kok Kang Sugeng bisa berkali-kali mengalaminya, ya. Hiiii!!
Alhamdulillah, akhirnya dia gak dateng lagi, ya, Kang!

kiky on 23 Mei 2010 17.55 mengatakan...

Lah…terkadang itu saat merasa tidak takut tiba-tiba kita memiliki ‘penglihatan’ ekstra kang. Misalnya saja saat ngelamun. Benarkah kang?

kiky on 23 Mei 2010 17.57 mengatakan...

Lah…terkadang itu saat merasa tidak takut tiba-tiba kita memiliki ‘penglihatan’ ekstra kang. Misalnya saja saat ngelamun. Benarkah kang?

Elsa on 24 Mei 2010 19.23 mengatakan...

ngeriiiiiiiiiiii!!!!

Return to My Blogg on 2 Juni 2010 10.23 mengatakan...

haduuuhhh... ngeri banget ya mas. emang ceritanya, betul-betulan terjadi kayaknya! bukan kayak di film-film!! ini benerrannnn!!!
merinding bacanya.. hiyyy

venny unida lugara on 15 November 2010 12.58 mengatakan...

Saya juga sering tertindih sesuatu yang sangat berat ketika setengah tidur, tapi saya tidak melihat sesosok apapun karena saya selalu menutupi muka saya, tapi Alhamdulillah semenjak saya sering mengaji di kamar saya dan selalu membaca ayat kursi sebelum tidur, saya tidak pernah mengalami kejadian tersebut............

obat hebal kanker darah on 3 Mei 2011 12.10 mengatakan...

apa yang kamu rasakan .. saya juga pernah mengalami hal itu ..
percaya tak percaya tapi itu memang ada ..
rajin mengaji dan sholat itu memang solusi yang tepat ...

Duy_mut on 6 Mei 2011 15.06 mengatakan...

aq juga sering bgt tindien....pertama kali waktu SMA dulu, aq ngerasa klo ada sosok pria besar yang menindih aq. Sempet kayak mau mati aja rasanya, gk bisa napas juga sh.

Sekarng, aq juga masih tindien (kadang2 aja) dan ketika tindien.....aq benar2 sadar kalo itu tindien, gk seperti biasanya yg langsung berontak untuk cepet2 bangun, tapi aq berusaha pasrah, ngalir aja sampai sebangunnya.

Tapi kadng takut juga yah, byk kn yg bilang klo tindien itu bner2 bisa sampai bwt org mati bneran. Bner gk sh pendapat ini? Tapi Bapakku dlu bilang klo fenomena tindien itu bisa dijelaskan secara logis lho, tapi gk jelas bagaimana n bagaimananya? Ada yang bisa menjelaskan?

obat herbal HIV AIDS on 17 Mei 2011 08.54 mengatakan...

aneh tapi nyata ...

agen xamthone plus bengkulu on 28 Juli 2011 11.21 mengatakan...

wahhh,,
saya malahan sering bgt tuh ngalamin hal sperti itu,
bner2 aneh tapi nyata !!

obat kanker darah on 5 Agustus 2011 15.11 mengatakan...

iiiiiiiiiiiiihhh
takutt....

Anonim mengatakan...

nanti nanti gambarnya g usah ditampilin bang seremm

Posting Komentar

[ Full Page Comment Form ]

Maaf... karena banyak SPAMMER, terpaksa saya mengaktifkan MODERASI.
Ini adalah DOFOLLOW BLOG, setiap komen yg kamu tinggalkan, akan menjadi BACKLINK buat URL yg kamu sertakan, so... tinggalkan komen yg sesuai dengan TEMA, jangan NYEPAM..!!
Gunakan Name/URL biar lebih efektif. Jangan lupa pake http:// biar ndak BROKEN LINK.
Komentar APAPUN asal sopan dan punya aturan, PASTI saya terbitkan, KECUALI yg menyertakan LINK, akan langsung saya DELETE..!!

Back to TOP

 

Be A Great Person Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template